SERATUS ORANG SIPIL TEWAS AKIBAT SERANGAN ARAB SAUDI DI YAMAN

Foto: Press Tv
Foto: Press Tv

Sana’a, 18 Dzulqa’dah 1436/2 September 2015 (MINA) – Hampir 100 sipil telah tewas dan sekitar 130 lainnya terluka akibat serangan udara Arab Saudi di kota barat daya Taiz selama dua pekan terakhir.

Kelompok Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan,  sedikitnya 53 kematian warga sipil terjadi pada 20/8 lalu. Hal ini juga telah memperagakan peningkatan tajam dalam jumlah di provinsi terpadat Yaman,  Taiz, akibat seramgan Arab Saudi.

Juru bicara Kantor Hak Asasi Manusia , Cecile Pouilly mengatakan, “kami khawatir dengan peningkatan tajam jumlah korban sipil di Taiz dalam beberapa pekan terakhir”, demikian Press Tv melaporkan diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu.

Pouilly juga memperingatkan bahwa ada kekhawatiran memburuknya pelayanan kesehatan di Taiz, di mana semua enam rumah sakit umum tidak lagi beroperasi karena pertempuran di sekitarnya.

Dia mengatakan, serangan Saudi di kota pelabuhan Yaman barat Hudaydah, yang merupakan titik masuk utama untuk pasokan bantuan, telah mempersulit upaya masuknya bantuan.

Menurut PBB, lebih dari 800 warga sipil telah tewas akibat serangan Saudi di Taiz sejak Maret 2015.

Arab Saudi telah melakukan serangan udara terhadap Yaman sejak 26 Maret tanpa otorisasi dari PBB dalam upaya untuk melemahkan gerakan Houthi dan untuk mengembalikan kekuasaan mantan presiden buronan negara yan sekutu setia Riyadh, Abd Rabbuh Mansour Hadi.

Sejauh ini konflik tersebut telah menewaskan sekitar 4.500 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka, sedangkan sumber setempat mengatakan, angka kematian sebetulnya jauh lebih tinggi dari itu. (T/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0