Seribu Pemukim Yahudi Serbu Kompleks Al-Aqsha Ahad

Al-Quds, MINA – Lebih seribu pemukim Yahudi Israel menyerbu masuk ke kompleks di Al-Quds (Yerusalem Timur) yang diduduki.

Penyerbuan itu untuk memperingati penghancuran bersejarah kuil-kuil Yahudi yang disebut di Israel sebagai Tisha B’av.

Sumber-sumber Palestina mengatakan bahwa setidaknya 1.023 pemukim memasuki kompleks itu pada Ahad (22/7) di bawah perlindungan polisi pendudukan yang ketat, demikian Al Jazeera melaporkan.

yang menaungi Masjid Kubah Batu dan Masjid Al-Aqsha, merupakan situs tersuci ketiga dalam Islam, sementara dalam Yudaisme dianggap sebagai tempat paling suci mereka.

Anggota Knesset Israel Yehuda Glick yang mengampanyekan untuk akses Yahudi ke Masjid Al-Aqsha juga terlihat di kompleks hari itu.

Firas Al-Dibis, pejabat Otoritas Wakaf Keagamaan Yordania di Al-Quds, mengatakan kepada Anadolu Agency, polisi Israel menyerbu kompleks sebelum pemukim dan melakukan operasi keamanan dan pemeriksaan.

Al-Dibis juga mengatakan, pasukan Israel melarang masuknya Najeh Bakirat, seorang sarjana di Otoritas Wakaf. Mereka mengizinkan jamaah Muslim di dalam masjid setelah merebut ID-nya.

Menurut kantor berita lokal Palestina, seorang bocah Palestina ditangkap setelah mengangkat bendera Palestina di kompleks itu. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: bahron

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.