SERIKAT BURUH TERBESAR INGGRIS ANGGAP ISRAEL APARTHEID

Ilustrasi: rohama.org
Ilustrasi: rohama.org

Liverpool, 12 Ramadhan 1435/10 Juli 2014 (MINA) – Serikat buruh terbesar di , “Unite”, mengutuk  kejahatan yang dilakukan di wilayah yang diduduki sejak Selasa lalu dan memutuskan bergabung dengan kampanye internasional untuk memboikot, memindahkan saham dan sanksi(BDS) terhadap Israel.

Pada pertemuan tahunan selama tiga hari yang diadakan di Liverpool, Unite mengadopsi beberapa gerakan dalam hal perjuangan Palestina, Kantor Berita Palestina WAFA melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Gerakan pertama Unite menyatakan, “Palestina” mengutuk pemerintah Israel karena melakukan berbagai kejahatan apartheid terhadap rakyat Palestina.

Menurut Middle East Monitor (MEMO),Unite juga mengutuk pelanggaran Israel terhadap hukum internasional seperti terus berlanjutnya pembangunan permukiman ilegal, kejahatan penganiayaan terhadap rakyat Palestina, serta penahanan dan penyiksaan terhadap anak-anak Palestina.

Unite juga menyoroti hukum rasis Israel yang mempengaruhi warga Palestina yang tinggal di kota Al-Quds dan Badui dari Negev.

Serikat pekerja meminta anggotanya, diperkirakan lebih dari 1,5 juta, WAFA laporan lebih lanjut, untuk mengambil langkah-langkah berani, seperti yang diambil terhadap rezim apartheid di Afrika Selatan, dalam beberapa tahun terakhir, sebagai bagian dari perang melawan pembersihan etnis Israel pada rakyat Palestina.

Serikat buruhUnite mengumumkan, mereka akan bekerja dengan orang lain untuk mengembangkan kampanye dan strategi memanfaatkan kegiatan BDS dalam 12 bulan ke depan, terutama terhadap perusahaan yang terlibat terlibat dalam pendudukan, dinding apartheid dan permukiman ilegal, seperti Veolia, G4S dan Sainsbury.

Unite juga mengadopsi gerakan terhadap kondisi yang tidak manusiawi dari pengepungan di Suriah yang berbasis di kamp pengungsi Yarmouk, di mana banyak penduduk Palestina meninggal dunia dalam serangan militer dan karena kekurangan gizi.

MenurutMEMO, konferensi tersebut “mendesak semua pihak mengirimkan dan mengizinnkan bantuan kemanusiaan untuk mencapai [kamp warga] tanpa penundaan lebih lanjut.” Sebagai bagian dari resolusi Yarmouk, Unite juga menegaskan “komitmennya atas ResolusiPBB 194 yang menegaskan hak-hak Palestina yang diusir oleh Israel untuk kembali ke tanah mereka “.

Gerakan ketiga berjudul “Kerjasama Israel-Palestina” tidak dilakukan, namun. Gerakan menyatakan dukungan untuk pembicaraan perdamaian pimpinan terserang dan mendorong keterlibatan dengan serikat pekerja baik Israel dan Palestina.

MEMO lebih lanjut menyatakan bahwa konferensi “mendesak semua pihak untuk menarik dan memungkinkan bantuan kemanusiaan untuk mencapai [kamp warga] tanpa penundaan lebih lanjut.” Sebagai bagian dari resolusi Yarmouk, Unite juga telah menegaskan “komitmennya untuk Resolusi [PBB] 194 yang menegaskan hak-hak Palestina yang diusir oleh Israel untuk kembali ke tanah mereka “.

Dalam berita terkait, Uni Eropa telah memberikan kontribusi 15,5 juta Poundsterling (310 miliar rupiah) kepada Otoritas Palestina (PA) untuk pembayaran gaji dan pensiun hampir 70 ribu pegawai negeri sipil Palestina dan pensiunan yang tinggal dan bekerja di Tepi Barat dan Jalur Gazaselama Juni.

“Kontribusi ini menunjukkan sekali lagi komitmen Uni Eropa yang kuat untuk mendukung Otoritas Palestina dalam upaya memberikan pelayanan kepada penduduk Palestina,” kata Perwakilan Eropa John Gatt-Rutter.

“Uni Eropa akan terus mendukung sektor publik Palestina dan rakyat Palestina secara tepat waktu dan dapat diandalkan.

Kami memuji usaha yang dilakukan oleh kepemimpinan Palestina untuk mengatasi tantangan baru dan untuk terus memberikan pelayanan publik bahkan dalam situasi yang sangat menantang berlaku baik di Tepi Barat dan Gaza,” siaran pers resmi menyimpulkan. (T/P02/EO2)

 

 

Comments: 0