Setelah 26 Tahun, Kedubes Guatemala di Jakarta Dibuka Kembali

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi bersama Sandra Erica Jovel Polanco meresmikan Kedutaan Besar Guatemala untuk Indonesia di Jakarta pada Selasa (10/12) malam.

Kedubes Guatemala untuk Indonesia pertama kali dibuka 26 tahun yang lalu pada tahun 1992. Setahun setelah pembukaan, Kedutaan Besar Guatemala di Jakarta ditutup pada tahun 1993.

Prosesi peresmian Kedubes Guatemala dilakukan dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh dan Menlu Guatemala, kemudian dilanjutkan dengan pidato sambutan dan Resepsi Kedutaan.

Menlu RI dalam pidatonya, sangat menyambut baik pembukaan kedubes tersebut dan diharapkan mampu memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Guetemala.

“Saya sangat menyambut baik dan menyampaikan selamat atas pembukaan kembali Kedutaan Besar Guatemala di Jakarta,” ujar Retno.

Hubungan politik kedua negara selama ini telah berjalan dengan sangat baik, meski tanpa kedutaan di masing-masing ibukota negara.

Sementara itu, Menlu Guatemala mengatakan, dipilihnya Jakarta sebagai tempat berdirinya kedubes Guatemala di kawasan Asia Tenggara juga merupakan pengakuan Jakarta sebagai ibukota ASEAN.

“Pembukaan kedutaan akan menjadi simbol kedekatan kedua negara meskipun dipisahkan oleh jarak yang cukup jauh,” ujar Sandra. (L/Sj/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.