Setelah Bertempur Tujuh Jam, Pejuang Pembunuh Rabbi Yahudi, Ditemukan Tewas

Hebron, 23 Syawwal 1437/28 Juli 2016 (MINA) – Seorang pejuang Brigade gugur dan tiga warga lainnya ditangkap setelah pertempuran panjang yang berlangsung selama tujuh jam dengan pasukan penjajah Israel yang mengepung sebuah rumah di desa Surif di utara Hebron, selatan Tepi Barat.

Juru bicara militer Israel, Avijaa Adraei dalam keterangan yang dirilis Rabu (27/7) menyatakan bahwa pejuang Palestina Muhammad Faqih gugur. Mendiang pada awal bulan Juli ini berhasil menyebabkan terbunuhnya seorang rabbi Yahudi.

mengakui Faqih adalah seorang pejuang dari Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas.

Pasukan Israel mengepung rumah tempat berlindung Faqih yang melepaskan tembakan ke arah pasukan Israel, demikian Pusat Info Palestina (PIP) melaporkannya.

Dilaporkan bahwa baku tembak terjadi antara kedua belah pihak. Pasukan Israel membawa jasad Faqih dari dalam rumah yang hancur. Namun, tidak ada pengumuman secara resmi tentang identitas korban dari Kementrian Kesehatan Palestina.

Adraei menyatakan bahwa pihaknya menyerang rumah tersebut dengan sejumlah rudal anti tank dan menghancurkannya dengan kendaraan-kendaraan militer dan menemukan jasad korban yang di dekatnya ada senjata mesin Kalashnikov dan granat tangan.

Dia mengklaim bahwa pasukan Israel menarget jaringan yang bertanggung jawab pada pembunuhan rabbi Michael Mark pada awal bulan Juli lalu di dekat pemukiman Yahudi Antaial yang didirikan dengan paksa di wilayah Hebron.

Lebih jauh, Adraei juga menyatakan bahwa pasukan Israel menangkap tiga warga dengan dalih bekerja sama dengan Faqih. Sementara itu seorang warga lainnya terluka dan dirawat di rumah sakit.

Sementara itu dinas keamanan umum Israel Shin Bet mengatakan bahwa pihaknya memantau jaringan gerakan Hamas yang melakukan aksi pembunuhan terhadap seorang rabbi terkenal Yahudi. Baku senjata berlangsung antara pasukan  Israel dan jaringan tersebut dan berakhir dengan gugurnya pejuang Al-Qassam Muhammad Faqih serta penangkapan yang lainnya.

Selanjutnya, Gerakan Perlawanan Islam Hamas di provinsi Hebron menyatakan berbelasungkawa atas gugurnya Muhammad Faqih dan menyatakan bahwa dia adalah salah seorang anggota Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan Hamas.

“Faqih gugur dalam baku tembak selama berjam-jam dengan pasukan Israel di desa Surif, setelah menjadi buron pasca melakukan aksi kepahlawanan yang menewaskan seorang (rabbi) Yahudi dan melukai yang lainnya,” jelas keterangan Hamas. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.