SIDANG MURSI KEMBALI DITUNDA HINGGA 14 OKTOBER

Presiden Mesir terguling Muhammad Mursi
Presiden terguling Muhammad ditahan sejak digulingkan militer pada 3 Juli 2013 sampai hari ini.

, 6 Dzulhijjah 1435/30 September 2014 (MINA) – Kairo  pada Senin kembali menunda sidang terbaru presiden Mesir terguling Muhammad Mursi dan 34 tokoh lainnya atas tuduhan mata-mata asing, hingga 14 Oktober  mendatang.

Menurut laporan Egypt Independent yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA)  persidangan ditunda karena tanpa kehadiran Mursi.

Presiden Pengadilan Shaaban al-Shamy mengatakan pihaknya menerima surat dari administrasi terkait dibatalkan Mursi  untuk datang  karena alasan keamanan.

Dua puluh  tahanan termasuk Mursi,  pemimpin Ikhwanul Muslimin Muhammad Badie dan yang lainnya  masih ditahan di bawah  penyelidikan yang tertunda.

Mereka dituduh melakukan kegiatan  mata-mata  untuk agen asing, mengungkapkan rahasia keamanan nasional ke luar negeri dan  mendukung aksi  “terorisme”.

Mursi digulingkan dalam sebuah pengumuman  Menteri Pertahanan yang menjabat saat itu Abdul Fattah Al-Sisi, yang kini menjadi presiden Mesir 2014.

Setelah digulingkan, bentrokan dan protes semakin menjadi di  negeri pyramid. Meskipun  demontrasi-demontrasi intensitas kecil sudah terjadi semasa Mursi memimpin, namun sejak penggulingannya pada 2013, eskalasi demonstrasi semakin meluas dan rutin. Agendanya adalah untuk menentang pihak pemerintah yang menggulingkan Mursi, yang oleh mereka disebut sebagai tindakan kudeta.

Pemerintah terbaru Mesir paska Mursi melakukan penahanan dan penangkapan pada para tokoh dan anggota Ikhwanul Muslimin dan menetapkan organisasi Islam terbesar itu sebagai organisasi yang dilarang di Mesir.(T/R04/R12)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0