Sineas Muda KPI Ar-Raniry Luncurkan 11 Film Terbaru

Banda , MINA – Sebelas muda dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, meluncurkan 11 pendek terbaru, Sabtu (5/1).

Ke-11 film tersebut antara lain, “Hilang Arah” [sutradara: Ayu Darani Rizki], Hutang [sutradarai Zuhra Khairini] Balada Rokok [sutradara: Tengku Dhehar], Prasangka [sutradarai: Ahmad Sayuti], dan Bullying [sutradara: Ridha Purnama].

Pemutaran 11 film pendek hasil karya Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh, dimulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa KPI di bidang perfilman.

Seluruh mahasiswa berkarya di bawah binaan Fauzan Santa, dosen Sinematografi dan Reza Maulana yang juga dosen animasi dan film.

Fauzan mengatakan, proses pembuatan film tersebut telah menyelesaikan tahapan yang sangat panjang mulai dari post produksi di mana semua mahasiswa yang mengikuti mata kuliah sinematografi dibagi menjadi 11 kelompok dari empat unit.

“Tahap bedah naskah menjadi proses berikutnya sebelum masuk ke produksi memakan waktu tiga pekan,” ujar Fauzan.

Ketua Program Studi KPI Faluktas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Dr. Hendra Syahputra, MM mengatakan mahasiswa KPI dalam memproduksi film perfilman harus mendapat dukungan penuh dari fakultas dan universitas.

Menurut dia, sebenarnya mahasiswa KPI memiliki potensi sangat besar untuk menggerakkan anak-anak muda berkesenian film di Aceh.

“Apalagi di tengah perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang kian pesat,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, geliat perfilman di kalangan mahasiswa sebenarnya besar didukung dengan kemudahan dan kecanggihan teknologi.

Hendra berharap acara pemutaran film itu bisa berdampak dan memotivasi generasi KPI ke depannya sehingga perfilman jurusan KPI bisa berkembang, eksis, dan bermanfaaat tidak hanya di kalangan mahasiswa KPI tetapi juga bagi mahasiswa UIN Sunan secara umum.(L/AR/R01)

Mi’raj News Agency

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.