Siswa Madrasah Perkuat Tim Indonesia pada Olimpiade Astronomi Internasional

Menag Lukman terima Ahmad SIrajul Millah siswa Serpong yang akan ikut Olompiade Astronomi Internasional di Thailand. (Foto: Daniel / Kemenag)

Jakarta, MINA – Ahmad Sirojul Millah (Amil), siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpon terpilih sebagai salah satu tim astronomi Indonesia yang akan mengikuti Olimpiade Astronomi Internasional di Thailand.

Sebelumnya, Amil pernah meraih medali emas pada Olimpiade Sains Nasional di Palembang pada tahun 2016 dan berhasil masuk tim astronomi Indonesia setelah menjalani proses karantina.

Alhamdulilah dari MAN IC Serpong ada perwakilan yang menjadi duta Indonesia pada olimpiade astronomi internasional di Thailand, atas nama Ahmad Sirajul Millah. Dia telah mengikuti pelatnas dan termasuk lima besar dari 30 peraih medali emas OSN Palembang,” kata Kepala Madrasah MAN IC Serpong, Persahini Sidik saat menemui Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Selasa (7/11).

Menurutnya, dalam laman Kemenag yang dikutip MINA, Amil telah dibina sejak tahun 2016 saat persiapan mengikuti OSN di Palembang. Mendapat medali emas OSN, Amil lalu masuk pelatnas dan terpilih menjadi bagian dari tim astronomi yang akan berlomba pada 11-21 November 2017.

“Kami minta doa restu kepada Pak Menteri untuk kesuksesan tim astronomi Indonesia,” ujarnya.

Hal sama disampaikan Amil yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran UI, ia berharap doa dan restu untuk bisa menjadi yang terbaik.

“Ini adalah pengalaman pertama. Saya sangat senang dan bersyukur. Alhamdulillah terpilih, pada awal masuk astronomi tidak berfikir sampai Internasional. Alhamdulillah setelah dijalani bisa masuk,” tutur Amil.

Amil mengaku sudah menjalani proses karantina sejak 26 Oktober lalu di Bandung. Proses karantina akan berlangsung sampai 10 Oktober sebelum tim berangkat menuju Thailand.

“Proses karantina lumayan berat. Alhamdulillah setelah dijalani bisa juga,” kata lulusan MTs Al-Yasini Pasuruan Jawa Timur ini.

Sementara itu, Menag Lukman mengapreisasi capaian Amil. Pihaknya mengaku ikut bangga karena ada siswa madrasah yang mewakili Indonesia pada ajang olimpiade internasional bidang Astronomi.

“Mudah-mudahan lancar. Jadikan ini pengalaman buat kamu. Ini luar biasa. Tidak semua orang bisa mendapatkan ini. Mudah-mudahan sukses dan lancar,” ucap Menag.

Kepada Bapak dan Ibu guru, Menag juga menyampaikan terima kasih karena terus membimbing para siswa hingga bisa menjadi yang terbaik.

Atas prestasi yang telah diraih, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Umar berkomitmen untuk memberikan uang pembinaan kepada Ahmad Sirajul Millah. (R/R09/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)