SISWA MAN PURBALINGGA JUARA NASIONAL LAWATAN SEJARAH

Ratna Aprilia (Tengah) (Gambar: Banyumasnnews.com)
(Tengah) (Gambar: Banyumasnnews.com)

Siak, , 26 Sya’ban 1435/24 Juni 2014 (MINA) — Purbalingga, Ratna Aprilia, berhasil meraih juara pertama Kegiatan Nasional yang diadakan di Siak, Riau, pada 16 – 20 Juni 2014 lalu.

“Ratna berhasil meraih juara pertama berkat kemampuannya mempertahankan esai yang berjudul “Bangsa Bersatu karena Bahasa” di depan dewan juri dengan penuh percaya diri,” kata Kepala MAN Purbalingga Suratno, Senin (23/6), situs resmi Kementerian Agama melaporkan yang dikutip MINA.

Kegiatan Lawatan Sejarah Nasional (KLSN) diadakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pada tahun 2014 ini, KLSN mengusung tema Merajut Simpul-Simpul Ke-Indonesiaan Melalui Lawatan Sejarah dengan sub-tema Menelusuri Jejak Masa Kebangkitan-Pergerakan Nasional Guna Memperkokoh Rasa Nasionalisme.

Menurut Suratno, sebelum mewakili provinsinya pada kejuaraan tingkat nasional, Ratna berhasil menyingkirkan peserta di tingkat Jawa Tengah pada ajang kompetisi yang diselenggarakan di Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta pada 19 – 22 Mei 2014 lalu. Saat itu, esai Ratna berjudul “Jangan Sampai Kebangkitan Nasional Menjadi Kebangkrutan Nasional”.

“Sukses mempertahankan esainya, Ratna berhasil menggondol tiket ke Siak Riau untuk mengikuti ajang tingkat Nasional sebagai peserta terbaik I untuk perwakilan tingkat provinsi Jawa Tengah dan peserta Favorit untuk region DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” tutur Suratno.

Prestasi yang diraih oleh Ratna Aprilia sangat membanggakan Kabupaten Purbalingga, khususnya MAN Purbalingga. Susilowati, S.Pd. guru pembina sejarah Ratna juga merasa sangat bahagia dan terharu ketika mendengar Ratna Aprilia berhasil meraih juara pertama tingkat Nasional.

Menurutnya Ratna merupakan anak yang cerdas dan memiliki percaya diri yang kuat. Kepercayaan diri yang kuat ini merupakan hasil gemblengan para guru di MAN Purbalingga yang tergabung dalam Jalur Khusus ( JK ).

Program Jalur Khusus MAN Purbalingga sudah banyak melahirkan juara. Selain Ratna ada delapan siswa yang berhasil maju dalam ajang OSN tingkat Provinsi tahun 2014 mewakili Kabupaten Purbalingga.

Demikian juga pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MAN Purbalingga mampu menjadi juara umum tingkat Kabupaten dan akan maju ke tingkat Provinsi  26 Juni 2014. (T/P09/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0