Siswa SMA Indonesia Raih 2 Perak, 2 Perunggu pada IGeo 2018

Jakarta, MINA – Empat siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Indonesia berhasil meraih dua medali perak dan dua medali perunggu dari International Geography Olympiad () atau (OGI) ke-15 yang diselenggarakan di Kanada,  diikuti 165 peserta dari 43 negara

“Ini pertama kalinya Indonesia masuk dalam sepuluh besar ajang IGeo. Tahun lalu kita berada di peringkat 12 dunia,” kata Kepala Sub Direktorat Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Suharlan, saat menjemput kedatangan tim IGeo di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Ahad (12/8).

Menurutnya, secara umum, capaian tim OGI ini menempatkan Indonesia di peringkat 9 dari 43 negara. Peraih medali perak adalah Fernando (SMA Sutomo 1 Medan) dan M. Nadafa Isnain (SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta). Sementara Rizky Amalia Wulandari (SMA Kharisma Bangsa Tangerang) dan Jamal Habibur Rahman (SMA Taruna Nusantara Magelang) meraih medali perunggu.

IGeo diselenggarakan dalam tiga babak tes, yaitu Written Response Test (WRT), Fieldwork Test (FWT), dan Multimedia Test (MMT). Tim OGI Indonesia dilaporkan unggul dalam WRT. Kontribusi terbesar penilaian dari WRT dan FWT sebanyak empat puluh persen, sedangkan untuk MMT dibobotkan sebanyak 20 persen.

Terkait ini, Pemerintah mengapresiasi capaian peserta didik yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di kompetisi internasional. Sampai saat ini tercatat empat emas, 13 perak, dan tujuh perunggu yang disumbangkan siswa dari berbagai kompetisi internasional.

Lebih lanjut ia mengatakan, mendatang, akan datang tim olimpiade kebumian, dan segera diberangkatkan tim olimpiade komputer.

“Semua yang berangkat meraih medali. Prestasi anak-anak kita ini sangat luar biasa. Posisi Indonesia berada di papan atas dan menengah untuk seluruh dunia,” ujar Suharlan. (R/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.