SNOWDEN: POLISI KARMA INGGRIS MEMATA-MATAI PENGGUNA INTERNET

Gedung Markas Komunikasi Inggris (GCHQ). (Foto: dok. Techti.me)
Gedung Markas Komunikasi Inggris (GCHQ). (Foto: dok. Techti.me)

London, 13 Dzulhijjah 1436/27 September 2015 (MINA) – Sebuah dokumen baru yang dibocorkan oleh pembocor Badan Keaman Nasional (NSA) Amerika Serikat, , telah mengungkapkan, Markas Komunikasi Inggris (GCHQ) mematai-matai setiap pengguna .

Melalui sebuah operasi yang diberi nama kode “Karma Police” (Polisi Karma), GCHQ memetakan setiap pengguna internet di negara itu, Press TV melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menurut situs Intercept, GCHQ meluncurkan operasi sejak 2009 tanpa memperoleh izin legal atau konsultasi Parlemen atau pengawasan publik, RT melaporkan Sabtu (26/9).

Operasi itu dirancang pada 2007-08 untuk menghubungkan “agar setiap pengguna pasif SIGINT bisa terlihat dengan setiap situs yang mereka kunjungi, sehingga memberikan data profil baik web yang browsing untuk setiap pengguna internet, atau profil pengguna setiap situs yang terlihat di internet.”

SIGINT adalah istilah atau sinyal intelijen yang mengacu pada pengumpulan-intelijen oleh intersepsi sinyal, apakah itu komunikasi antara orang atau dari sinyal elektronik tidak langsung yang digunakan dalam komunikasi.

Pada tahun 2012, GCHQ menyediakan data intelijen dengan mencegat komunikasi antara orang-orang atau peralatan bagi pemerintah atau pasukan bersenjata Inggris, yang mengumpulkan sekitar 50 miliar catatan metadata online per hari. Informasi ini kemudian disimpan untuk pemeriksaan oleh analis data.

Namun GCHQ bersikeras bahwa kegiatannya dilakukan berdasarkan prosedur pengawasan yang ketat.

Meskipun alasan untuk judul operasi tidak disebut dalam dokumen, laporan mengatakan, langkah itu diambil setelah sebuah lagu band musik rock Radiohead Inggris pada 1997 mengkritik keras pemerintah Inggris. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0