Stan Arab Saudi di IIBF 2018 Adakan Kuis Berhadiah Haji dan Umroh

Jakarta, MINA – Kerajaan Arab Saudi mengadakan kuis yang berhadiahkan haji dan umroh di Pameran Buku Indonesia Internasional (Indonesia Internasional Book Fair/IIBF) tahun 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta yang berlangsung tgl. 12-16/9

Saudi sebagai salah satu negara pesarta di yang  stannya berada di Planery Hall bersama peserta luar negeri lainnya, mengadakan kuis berhadiah paket umkroh dan paket haji, sebanyak 14 paket umroh dan 5 paket haji, yang diundi setiap hari. Semua pengunjung bisa mengikuti kuis berhadiah ini sampai hari terakhir pameran, 16 September 2018.

Dalam pameran buku yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) ini, salah satu program yang menarik perhatian pengunjung  adalah program kuis berhadiah yang digelar Kerajaan Arab Saudi di stannya.

Program kuis ini rutin diadakan Arab Saudi yang selama lima tahun terakhir rutin hadir di IIBF. Tahun lalu, Kerajaan Arab Saudi membagikan 16 hadiah haji kepada para pengunjung pameran pemenang quiz, yang semuanya berangkat ke tanah suci untuk menunaikan haji pada 11 Agustus 2018 lalu.

Ketua Panitia IIBF 2018 Amalia B Safitri saat di IIBF pada Rabu (12/9) menjelaskan, penyelenggaraan kuis berhadiah ini, termasuk ketentuan buat peserta kuis dan tata cara pelaksanaannya, semua diatur oleh pihak Arab Saudi.

“Semua pengunjung yang datang ke stan Arab Saudi bisa ikut program berhadiah ini dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh mereka. Pengundiannya juga ditangani oleh pihak kerajaan di panggung Plenary Hall,” kataya.

Hadiah tersebut dibagikan kepada pengunjung yang mengisi kuis, dengan rincian: 2 paket umroh di hari pertama, 3 paket umroh di hari kedua, 4 paket umroh di hari ketiga, 5 paket umroh di hari keempat, dan 5 paket haji di hari kelima.

Cara mengikuti kuis berhadiah ini, pengunjung cukup datang ke stan Arab Saudi di Plenary Hall. Di sana  ada petugas yang membagikan formulir kuis dengan kertas ukuran A4 yang berisi 5 pertanyaan. Pengunjung diminta menjawab kelima pertanyaan tersebut dan mengisi kolom identitas dengan data sesuai KTP: Nama, jenis kelamin, tanggal lahir, nomor KTP, alamat, kewarganegaraan dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Setelah semua data dan jawaban kuis diisi lengkap, masukkan kertas kuis ke dalam kotak yang tersedia di sana. Setelah itu, pihak Arab Saudi akan mengundi semua formulir yang masuk di panggung utama yang letaknya tidak jauh dari stan mereka.

Pengundian dilakukan setiap malam sekitar pukul 19.00 WIB dengan cara mengacak dan mengambil satu kertas yang beruntung.

Undian pertama, penyelenggara kuis meminta salah seorang peserta untuk mengacak dan mengambil kertas dari dalam kotak undian. Dua orang yang beruntung adalah Arief Wibowo dari Bekasi Timur dan Achmad Sauqi Riza dari Bekasi Selatan. Keduanya berhak atas dua hadiah umroh perdana yang dibagikan di IIBF 2018.

Sebenarnya, dalam pengundian semalam terpilih dua orang nama wanita, tapi sayang keduanya tidak hadir sehingga pengundian dilanjutkan sampai akhirnya terpilih Achmad Sauqi Riza yang mendapatkan hadiah umroh kedua.

Atase Kebudayaan Arab Saudi untuk Indonesia-Malaysia Prof Dr Khalid Al Mutlaq menjelaskan, kuis berhadiah ini berlaku per hari. Artinya, peserta kuis yang ikut kemarin akan disingkirkan setelah pengundian berakhir. Pengundian hari berikutnya hanya akan menyertakan peserta di hari tersebut.

“Bagi yang belum beruntung hari ini, silakan coba lagi hari esok,” kata Khalid.

Saat ditanya soal tulisan “visa” yang tercantum dalam lembar kuis, Khalid menjelaskan bahwa hadiah yang diberikan bukan hanya dalam bentuk visa saja, tapi termasuk tiket pesawat ke tanah suci. Dia juga mengingatkan, dalam program ini, satu orang hanya bisa memenangkan satu hadiah. (L/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.