Standar Ganda FIFA terhadap Rusia dan Israel Dipertanyakan

Zurich, MINA – Asosiasi Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA mengambil langkah tegas menghukum Rusia setelah invasi negara tersebut ke Ukraina, namun hal tersebut mendapat kritik pedas oleh netizen soal yang diterapkan badan sepak bola tertinggi di dunia tersebut.

Rusia dipastikan gagal melaju ke Piala Dunia 2022, sementara klub Spartak Moskow juga tidak akan bisa melangkah di Liga Europa. FIFA dan UEFA telah menjatuhkan sanksi larangan bermain bagi timnas Rusia dan klub-klub Rusia berlaga di ajang yang berada di bawah naungan dua lembaga tersebut.

Keputusan FIFA mendapat sambutan sekaligus kritikan. Seperti dikutip dari CNN pada Rabu (2/3), salah satu kritik yang ramai tersiar di lini masa media sosial adalah mengenai standar ganda yang ditetapkan Gianni Infantino dan kawan-kawan.

Netizen menganggap FIFA yang keras kepada Rusia tidak bisa berlaku serupa terhadap Israel yang menginvasi Palestina. Meme-meme pun bertebaran di media sosial terkait hal tersebut.

Ada yang menyebutkan FIFA bergeming dan menutup mata ketika Israel menyerang Palestina. Selain itu ada pula yang menganggap FIFA mengaitkan dukungan kepada Palestina sebagai tindakan politis, sementara dukungan kepada Ukraina mendapat sambutan positif.

Tidak hanya soal Israel, FIFA pun dianggap tidak bergerak menyusul tindakan-tindakan Amerika Serikat yang menyerang beberapa negara.

Lantaran kekerasan yang terjadi di Timur Tengah tidak mendapat tanggapan sebesar serangan Rusia ke Ukraina, seorang pesepakbola asal Turki Aykut Demir pun menolak mengenakan kaus bertema solidaritas kepada Ukraina.

Demir menganggap ada pengabaian mengenai kekerasan di Timur Tengah dan berharap masalah kemanusiaan di daerah tersebut juga mendapat perhatian. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)