Sulaiman Abdullah: Target Misi Kemanusiaan UAR Tidak Ada Pengkhususan dan Pengecualian

Lampung Selatan, MINA – Ketua Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Koordinator Wilayah Lampung Sulaiman Abdullah mengatakan, bantuan UAR untuk umat manusia di seluruh penjuru Indonesia tanpa ada pengkhususan dan pengecualian.

Ia mengatakan, sudah sekitar 13 tahun berdirinya UAR dengan izin Allah penetapan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Lampung bertempat di wilayah Desa Negararatu, hal tersebut mejadi suatu kemuliaan.

“Mudah-mudahan ini menjadi salah satu bagian dari membantu pembangunan dari sisi manusia maupun dari sisi mental, yang tentunya adalah mental membangun dalam hal tolong-menolong dan taqwa,” katanya pada Tabligh Akbar Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Niyabah Natar, di Mushalla Hasanah Husin, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Ahad (19/12).

Menurut Sulaiman, di bidang Rescue ini mungkin belum banyak yang bisa dilakakukan UAR tetapi setidaknya siap membantu ketika ada bencana atau musibah, dengan mencoba berpartisipasi aktif, baik dalam kegiatan pengagalangan dana maupun pengiriman Relawan.

“Artinya kerjasama dengan semua elemen kita butuhkan, karena semua ini tidak bisa kita lakukan tanpa kebersamaan dan bersatu, dengan menyingkirkan ego kelompok demi untuk pertolongan terhadap yang membutuhkan,” katanya.

“Tidak akan mulus apa yang kita lakukan, karena pada dasarnya semuanya butuh perjuangan, butuh pengorbanan, karena prinsipnya barang siapa yang meringankan beban seseorang, maka Allah akan meringankan bebannya di dunia dan akhirat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sulaiman menekankan keikhlasan sebagai kunci dan kekuatan hati dengan saling tolong menolong, karena pertolongan Allah akan datang bagi hambaNya yang senantiasa menjadikan Allah dalam niatnya beramal soleh.

“Dengan ini kita sama-sama membantu, mudah-mudahan kami bisa bekerjasama dengan pemerintah di tingkat kecamatan, maupun tingkat Desa dengan sumber daya manusia yang peduli dengan lingkungan sekitar,” tambahnya.

Ke depan, Sulaiman berharap, rencana kegiatan SAR Community yang digagas UAR dengan dukungan pemerintah desa Negararatu bisa terwujud pada Januari 2022 dengan melibatkan Pemuda Karang Taruna Desa Negararatu.

UAR wilayah Lampung berperan aktif dalam setiap misi kemanusiaan di berbagai daerah terdampak bencana di seluruh Indonesia dengan selalu mengirimkan relawan mulai dari fase pencarian dan pertolongan sampai kepada rehabilitasi.

Relawan yang dikirim dengan spesifikasi rescuer, tenaga kesehatan, tukang, tim trauma healing, juga dai ke berbagai bencana alam yang terjadi.

Pada bencana erupsi Semeru, UAR Lampung mengirimkan satu orang relawan trauma healing, Gulam Romdhony untuk bergabung dengan belasan personil UAR dari berbagai daerah yang sudah terlebih dahulu berada di Semeru sejak awal bencana.

“Dalam dua hari ke depan Insya Allah kita (UAR Lampung) akan mengirimkan dua orang relawan tenaga kesehatan berkemampuan Hijamah (Bekam) khusus untuk korban terdampak perempuan,” katanya. (L/ara/B03).

 

Mi’raj News Agency (MINA)