Sultan Hamengkubuwana X Dukung DIY Tuan Rumah AKLE Madrasah 2017

Gubernur DI bersama utusan Ditpenmad dan Kanwil DI Yogyakarta bahas AKLE 2017. (foto: kanwildiy)

Yogyakarta, 8 Rabiul Akhir 1438/7 Januari 2017 (MINA) – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwana X mendukung terpilihnya DIY sebagai tuan rumah pelaksanaan Aksioma, Kompetisi Sains Madrasah, Lomba Karya Tulis, dan Expo Madrasah (AKLE) 2017.

Menurut rencana, kegiatan akbar madrasah se-Indonesia itu akan dipusatkan di Yogyakarta pada 7-12 Agustus 2017 mendatang. Acara pembukaan digelar di Stadion Mandala Krida yang merupakan stadion kebanggaan publik Yogyakarta.

Hal ini ditegaskan Sultan Hamengkubuwono X saat menerima audiensi dari Direktorat Pendidikan Madrasah RI dan Kanwil Kemenag DIY, Jumat (6/1) di Ruang Kerja Gubernur Bangsal Kepatihan Yogyakarta.

Hadir dalam kesempatan ini Kakanwil Prof. Nizar, Kabid Pendidikan Madrasah Edhie Gunawan, Kasubdit Kesiswaan Ida Nor Qosim, dan Kasi pada Bidang Penmad DIY.

Ia menyatakan dukungan sekaligus kesediaan untuk menyampaikan sambutan selamat datang saat acara pembukaan. “Insya Allah saya siap hadir,” kata Gubernur mantap.

Bahkan, Gubernur juga memberikan arahan agar peserta usia madrasah ibtidaiyah bisa menginap di rumah warga. “Biasanya para peserta yang masih kecil ditemani orang tuanya dan itu lebih aman jika menginap di rumah warga,” ujar Gubernur yang juga merupakan Raja Kasultanan Yogya itu.

Hal tersebut, tambah Sultan dalam laman resmi Kemenag yang dikutip MINA, akan membawa manfaat lebih karena dapat membangun komunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

Selain itu, Gubernur juga meminta agar pihak Kemenag tidak hanya menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan DIY. “Tapi tolong digandeng juga Dinas Kebudayaan karena ini merupakan momentum tepat mengenalkan budaya Yogya,” harapnya.

Sebelumnya, Ida Nur Qosim selaku Kasubdit Kesiswaan Dit. Pendidikan Madrasah Kemenag memaparkan rencana pelaksanaan AKLE secara detail kepada Gubernur. “Kegiatan ini akan diikuti 4.100 siswa madrasah yang merupakan para pemenang tiap provinsi,” ujar Ida.

Sementara Kakanwil DIY Nizar juga mengharapkan dukungan dan masukan dari Gubernur untuk pelaksanaan hajat akbar Agustus mendatang. “Termasuk kami siap menindaklanjuti arahan Gubernur untuk audiensi kepada Bupati Sleman dan Walikota Yogyakarta,” kata Nizar.

Dalam kesempatan ini pula, Gubernur juga berkenan memberikan ucapan selamat dan sukses pelaksanaan AKLE 2017. Rencananya rekaman tersebut akan digunakan saat acara pembukaan nanti. (T/R09/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.