ANGGOTA PARLEMEN ISRAEL IKUT FREEDOM FLOTILLA III, TULIS SURAT PADA NETANYAHU

basel ghattas
, Dr. Basel Ghattas (Timesofisrael)

Tel Aviv, 6 Ramadhan 1436/23 Juni 2015 (MINA) – Anggota Parlemen Israel Knesset, Dr. Basel Ghattas mengirimkan surat terbuka kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu soal dukungan dan keikutsertaannya dalam pelayaran armada Freedom Flotilla III menembus blokade Jalur Gaza.

Secara resmi, ia pun mengirimkan surat terbuka untuk PM Netanyahu, yang berisi alasan mengapa ia ikut bergabung dalam aksi kemanusiaan tersebut.

Website resmi Freedom Flotilla memuat isi surat tersebut, yang juga diunggah di beberapa media sosial. Berikut isi surat tersebut:

“Surat terbuka dari Anggota Knesset Dr. Basel Ghattas untuk Netanyahu.

Armada Kebebasan Freedom Flotilla III akan segera meninggalkan Athena, Yunani, menuju Jalur Gaza.

Saya akan berada dalam armada tersebut dan bersama dengan banyak peserta lain di dalamnya, termasuk anggota parlemen dan tokoh masyarakat dari seluruh dunia.

Armada sipil ini adalah salah satu aksi damai yang bertujuan untuk mengakhiri blokade, dengan cara mengundang perhatian internasional terhadap nasib 1,8 juta warga Palestina di Jalur Gaza, yang berada dalam kondisi memprihatinkan.

Sebuah kondisi seperti di dalam penjara besar, akibat blokade militer Israel dari dua arah, laut dan darat. Bahwa hal itu termasuk tindakan hukuman kolektif dan tergolong pelanggaran hukum kemanusiaan internasional.

Armada Freedom Flotilla III membawa bantuan kemanusiaan untuk warga Jalur Gaza dan bertujuan untuk mengakhiri pengepungan.

Tidak ada alasan bagi kita untuk mencegah armada berlayar mencapai daratan Gaza dan meneruskan bantuan.

Saya meminta Anda untuk memerintahkan pasukan keamanan Israel agar menjauh dan memungkinkan armada tiba di tempat tujuan.

Bentuk pengambilalihan untuk mencegah pelayaran tersebut hanya akan melibatkan Israel dalam skandal internasional yang sulit, dan Anda serta pemerintahan Anda akan bertanggung jawab untuk hal itu”.

Tertanda Dr. Basel Ghattas.

Respon Jejaring Sosial

Surat Terbuka itupun langsung mendapat respon dari ratusan pengguna jejaring sosial. Di antaranya dari akun facebook Carol Flores, yang mengucapkan terima kasih atas isi surat tersebut. Ia juga mendoakan semoga aksi damai pelayaran dapat berjalan dengan lancar dan selamat.

Pengguna lainnya, Jodee Scott-Fyfe ikut mendukung aksi Ghattas, ia ia sebut sebagai aksi berdiri di atas kebenaran kemanusiaan.

Selain itu, ada juga yang menentang aksi anggota Knesset Arab-Israel itu, seperti komen atas nama Lidor Halfon yang menyebut bahwa tindakan itu hanyalah  aksi bodoh yang hanya akan membawa pada kematian. (T/P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0