Sutopo Benarkan Presiden Akan Lantik Kepala BNPB yang Baru

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo () akan melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana () yang baru pada Rabu (2/1) besok, pukul 09.00 WIB di , Jakarta.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Selasa (1/1) menegaskan, undangan pelantikan Kepala BNPB yang telah beredar luas di media sosial adalah benar.

Meski demikian, Sutopo mengaku belum mengetahui siapa orang yang telah ditunjuk Jokowi untuk menggantikan Kepala BNPB saat ini. Jabatan kepala BNPB adalah setingkat menteri sehingga pemberhentian dan pengangkatan Kepala BNPB adalah kewenangan Presiden.

“Saya tidak tahu siapa pengganti BNPB saat ini, Pak Willem Rampangilei dengan pengganti yang baru. Semua itu kewenangan Presiden,” Katanya.

Sutopo melanjutkan, siapapun yang menjadi Kepala BNPB, keluarga besar BNPB dan BPBD se-Indonesia siap menyambut dan mendukung.

Ia mengapresiasi kinerja Kepala BNPB yang lama, Willem Rampangilei karena selama periode kepemimpinannya, BNPB telah banyak mencapai prestasi. Ia berharap semua itu bisa tetap dilanjutkan dan dikembangkan oleh Kepala BNPB yang baru.

“Banyak tugas yang harus diselesaikan Kepala BNPB yang baru nanti seperti relokasi dan penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung, rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa di NTB dan Sulawesi Tengah, penanganan darurat dan pascabencana tsunami Selat Sunda, meningkatkan mitigasi bencana dan pengurangan risiko bencana, dan lainnya,” katanya. (R/Mufi/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)