Suu Kyi Dan Oposisi Adakan Diskusi Akhiri Perang Saudara

Yangon, 13 Syawal 1437/18 Juli 2016 (MINA) – Penasehat Negara Aung San Suu Kyi dan pemimpin kelompok mengadakan diskusi untuk mengakhiri perang saudara di negara itu.

Diskusi yang pertama dilakukan oleh pihak pemerintah dan oposisi yang tidak menandatangani perjanjian damai tahun lalu itu belum ada kesepakatan.

Suu Kyi berbicara dengan perwakilan dari Dewan Federal Nasionalis Amerika (UNFC), sebuah asosiasi yang memayungi 11 kelompok etnis bersenjata di Pusat Perdamaian dan Rekonsiliasi Nasional di ibukota komersial Yangon.

Negosiator pemerintah, Hla Maung Shwe, mengatakan kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) bahwa pertemuan hanya berfokus pada konferensi perdamaian yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Setidaknya 13 kelompok etnis, telah menolak untuk menandatangani Perjanjian Gencatan Senjata nasional – kesepakatan damai yang ditandatangani oleh pemerintah pro-militer sebelumnya dan delapan front oposisi pada Oktober tahun lalu – karena mengesampingkan tiga kelompok kecil.

Meskipun saat ini pemerintah pimpinan Suu Kyi telah bersumpah untuk terlibat dalam semua proses perdamaian, itu belum menjelaskan berapa banyak kelompok-kelompok oposisi yang akan diundang ke Perserikatan Konferensi Perdamaian dijadwalkan akhir Agustus.

Sebuah pertemuan antara kelompok etnis bersenjata dijadwalkan 26 Juli di negara bagian Kachin utara.

Ketua Umum UNFC, N’Ban La, yang juga wakil Ketua Organisasi Kemerdekaan Kachin yang kuat dan sayap militer Tentara Kemerdekaan Kachin, telah menyatakan keyakinan tentang pemerintahan sipil yang terpilih pertama negara itu sejak 1962.

“Kami mengharapkan kesuksesan. Hal ini tergantung pada pemerintah. Jika pemerintah sesuai dengan keinginan kelompok etnis ‘, itu akan sukses, ” kata dia setelah tiba di bandara Sabtu malam waktu Yangon.

Etnik oposisi telah memerangi pemerintah pusat dan militer untuk otonomi yang lebih besar dan administrasi sejak kemerdekaan negara itu dari Inggris tahun 1948.

Suu Kyi telah membuat perdamaian dan rekonsiliasi nasional prioritas Liga Nasional untuk Demokrasi pemerintah, yang mengambil alih pada akhir Maret setelah kemenangan pemilu 8 November.

Pada 1947, ayahnya, Jenderal Aung San, menandatangani Perjanjian Panglong dengan para pemimpin dari Shan, Kachin dan etnis minoritas Chin di sebuah konferensi di kota Panglong di negara bagian Shan untuk memberikan mereka otonomi.

Pembunuhannya pada Juli 1947 mencegah perjanjian mencapai hasil yang diinginkan, dan banyak kelompok etnis mengangkat senjata melawan pemerintah pusat dalam perang yang berlangsung selama beberapa dekade dan mengambil Myanmar apa yang dikenal sebagai “perang saudara terpanjang di dunia”. (T/P004/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.