Imbang dengan Suriah, Palestina Raih Poin Pertamanya Sepanjang Sejarah Piala Asia

Sharjah, MINA – Tim Nasional Sepak bola berhasil merebut poin pertama mereka sepanjang sejarah partisipasi di (AFC Asia Cup) setelah menahan imbang dengan skor 0-0.

Pertandingan pembuka Grup B Piala Asia 2019 itu dimainkan di Stadion Sharjah, Sharjah, Uni Emirat Arab, Ahad (6/1) malam waktu setempat atau Senin (7/1) dinihari WIB.

Dengan hasil ini, Palestina menduduki peringkat kedua klasemen Grup B dengan koleksi satu poin. Sedangkan, Suriah di peringkat ketiga juga dengan satu poin, demikian dikutip dari laman resmi AFC.

Pucuk klasemen Grup B dihuni oleh Yordania dengan tiga poin, sedangkan Australia berada di posisi juru kunci.

Dikalahkan dalam tiga pertandingan saat melakukan debutnya pada tahun 2015, Palestina kali ini lebih kompetitif. Mereka berhasil meredam serangan tim lawannya yang lebih kuat, meskipun bermain dengan 10 pemain pada 22 menit babak terakhir, karena Mohammed Saleh harus diusir ke luar lapangan.

Saleh, pemain bertahan andalan Palestina, mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-68 setelah beradu kepala dengan Omar Khrbin. Namun, Suriah tidak mampu memaksimalkan keunggulan jumlah pemainnya.

Kegagalan Suriah untuk memanfaatkan sejumlah peluang pada babak pertama membuat Palestina mampu memperbaiki permainan. Pasukan Noureddine Ould Ali mampu balas mengancam barisan pertahanan Suriah.

Suriah, meskipun tidak tampil di Piala Asia 2015, diperkirakan terbukti terlalu kuat dan dua kali nyaris menciptakan gol di 30 menit awal pertandingan.

Harapan Suriah untuk mendulang tiga poin kembali terbuka saat laga tinggal menyisakan 20 menit. Wasit Ravshan Irmatov menilai gerakan Saleh saat berduel udara dengan Khrbin, membuatnya layak diusir dari lapangan.

Walau demikian, Palestina tetap mampu meredam serangan Suriah yang unggul dalam jumlah pemain. Mereka mampu mengamankan hasil imbang.

Palestina selanjutnya akan berhadapan dengan Australia pada Jumat (11/1), sedangkan Suriah akan bertemu Yordania.

Susunan Pemain:

Suriah (4-2-3-1): Ibrahim Alma, Abdul Malek Al Anizan, Jehad Al Baour, Ahmad Al Salih, Moayad Ajan, Tamer Haj Mohamad (Ahmad Ashkar 81′), Zaher Al Midani (Mohammed Osman 73′), Osama Omari (Youssef Kalfa 41′), Omar Khrbin, Fahad Youssef, Omar Al Somah.

Palestina (4-5-1): Rami Hamada, Musab Al Battat, Mohammed Saleh, Abdelatif Bahdari, Abdallah Jaber, Mohammed Darwish, Jonathan Cantillana (Shadi Shaban 76′), Tamer Seyam, Pablo Tamburrini (Alexis Norambuena Ruz 64′), Samah Maraaba, Yashir Pinto (Mahmoud Wadi 82′).(R/R01/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)