Taliban Peringatkan Pasukan Asing Tinggalkan Afghanistan Sesuai Jadwal

Kabul, MINA – memperingatkan pasukan asing pimpinan AS di Afghnistan agar meninggalkan negara itu sesuai jadwal batas waktu Mei mendatang sesuai jadwal yang sebelumnya ditetapkan.

Kelompok tersebut mengatakan bahwa mereka mampu mempertahankan “tanah air dan hak-haknya” jika konflik berlanjut. Arab News melaporkan, Senin (1/2).

Pernyataan ini menanggapi pengumuman NATO sehari sebelumnya bahwa tentara koalisi akan tetap di karena Taliban telah gagal memenuhi kewajiban utamanya di bawah perjanjian bersejarah yang ditandatangani dengan Washington di ibu kota Qatar, Doha, tahun lalu.

Sebagai imbalan atas penarikan pasukan asing, AS menyerukan kelompok itu memutuskan hubungan dengan Al-Qaeda dan mengurangi tingkat kekerasan.

“Sayangnya sebagian besar negara, termasuk Uni Eropa, secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam tragedi, pengrusakan, pemboman, pembunuhan, dan berbagai kejahatan lainnya yang dialami oleh rakyat kami selama 20 tahun terakhir,” kata Taliban.

“Beberapa masih melakukan upaya untuk memperpanjang kehadiran pasukan pendudukan asing di Afghanistan dan memperpanjang konflik yang sedang berlangsung. Namun, jika beberapa orang mengabaikan kesepakatan Doha dan terus mencari alasan untuk melanjutkan perang. Maka sejarah telah membuktikan bahwa bangsa Afghanistan dapat dengan berani mempertahankan nilai-nilai, tanah air dan hak-haknya,” lanjutnya.

Kelompok itu menambahkan bahwa jika pasukan asing tidak pergi, mereka akan menggunakan “hak hukum untuk membebaskan tanah airnya” melalui “setiap cara yang sah yang diperlukan.”

Ini menyerukan implementasi perjanjian Doha, dengan mengatakan, “Ini akan terbukti bermanfaat dan untuk kepentingan AS, bersama dengan negara-negara lain yang terlibat, serta Afghanistan.”

Komentar pejabat NATO menyusul pengumuman oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden bahwa mereka akan meninjau kesepakatan Doha, yang ditandatangani oleh pemerintahan Trump dan Taliban pada Februari tahun lalu.

Menanggapi pernyataan tim Biden, Taliban menghentikan pembicaraan dengan otoritas Afghanistan yang telah berlangsung di Doha sejak September lalu, dengan sedikit tanda kemajuan, sebagai bagian dari perjanjian.

Pemerintah Presiden Ashraf Ghani, yang tidak termasuk dalam negosiasi perjanjian Doha, dan yang membebaskan ribuan pejuang Taliban yang ditangkap di bawah tekanan pemerintahan Trump tahun lalu, menyambut baik keputusan Biden untuk meninjau kembali perjanjian tersebut. , dan prospek kehadiran pasukan asing dalam waktu lama.

Pembicaraan internal Afghanistan dirancang untuk menemukan solusi politik setelah lebih dari empat dekade konflik, dan untuk menyetujui rencana politik untuk masa depan negara.

Presiden Ghani mengatakan, dia hanya akan mengalihkan kekuasaan kepada pemimpin terpilih ketika masa jabatan keduanya sebagai presiden berakhir dalam empat tahun.

Beberapa pengamat khawatir rencana NATO untuk mempertahankan kehadiran militer di Afghanistan dapat memicu pembalasan Taliban, yang mengakibatkan eskalasi konflik lebih lanjut dan lebih banyak intervensi dari negara-negara tetangga melalui proksi mereka di negara tersebut. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)