Tegakkan Syariat di Aceh, Polisi Syariah Gelar Razia Busana

Banda , MINA – Puluhan muda-mudi dan Pegawai Negri Sipil (PNS) terjaring razia gabungan untuk penertiban busana syariah. Razia dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Wilayatul Hisbah (WH) di depan Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Syauqas, Kasi Penyuluhan, Pembinaan dan Pengawasan provinsi Aceh mengatakan, razia yang digelar tersebut merupakan oprasi penegakan dan pengawasan di kota Banda Aceh.

Menurutnya, ada 40 pelanggar syariat Islam, yang terjaring razia Satpol PP dan WH provinsi Aceh, 26 diantaranya adalah perempuan dan 14 orang laki-laki. Di samping itu, ada 10 Pegawai Negri Spil yang berada di luar kantor saat jam dinas.

“Totalnya itu ada sekitar 50 orang, kalau yang pelanggar syariat Islam, kita langsung bina di lapangan. Selanjutnya kita data agar tidak mengulangi perbuatan yang sama, sementara untuk PNS itu juga kita surati intansi tempat dia bekerja”, jelas Syauqi, Senin (10/9)

Syauqas menambahkan,  kasus pelanggar syariat Islam yang masih sering terjadi ialah menyangkut soal busana, untuk wanita masih banyak yang menggunakan pakaian atau celana ketat, sementara yang pria masih ada yang menggunakan celana di atas lutut.

Sementara untuk PNS yang terjaring razia adalah mereka yang berada di luar kantor saat jam dinas, dan penggunaan aset kantor seperti mobil dinas oleh pihak lain.

“Tadi juga kita dapatkan ada yang pakek mobil dinas tapi yang gunakan itu malah orang lain, kebetulan mobilnya itu milik Pemkab Aceh Besar,” jelas Syauqas.

Dalam kesempatan itu, Syauqas juga menghimbau, setiap masyarakat Muslim agar dapat menggunakan pakaian sesuai dengan syariat Islam yang berlaku di Aceh, sementara bagi non muslim juga tetap di anjurkan untuk berbusana yang sopan dan tidak terlalu terbuka, meskipun dibolehkan tidak menggunakan jilbab atau penutup kepala.

“Kalau pendatang ya disesuaikan saja, artinya kita tetap terbuka siapa saja boleh datang, tapi tetap menggunakan pakaian sopan,” kata Syauqas. (L/Ap/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.