Teheran Tuduh Israel Serang Suriah Tewaskan Empat Orang Iran

Kepala Staf Militer Mayjen Mohamad Bagheri mengunjungi garis depan di utara provinsi Aleppo, , 20 Oktober 2017. (Foto: AP/Media Pusat Militer Suriah)

Teheran, MINA – Teheran menuduh melakukan agresi “mencolok” di Suriah, setelah serangan udara menghantam pangkalan militer Suriah yang menewaskan empat “penasihat militer” Iran, media Iran melaporkan.

Kementerian Luar Negeri Iran pada Selasa (10/4) mengatakan dalam sebuah pernyataan, Iran sangat mengutuk “agresi dan serangan udara oleh rezim Zionis” terhadap pangkalan udara T-4 di Homs.

Kementerian menyeru semua negara merdeka untuk tidak abai terhadap agresi Israel “yang mencolok ini.”

Kementerian menambahkan bahwa serangan udara semakin memperumit situasi di negara yang dilanda perang.

Kantor berita Iran Fars News mengatakan, “empat penasihat militer Iran” tewas dalam serangan Senin (9/4) di bandara militer Suriah, demikian Times of Israel melaporkan.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, lembaga pemantau khusus konflik Suriah, mengatakan bahwa 14 orang tewas, termasuk perwira militer Suriah dan pasukan Iran.

Iran bersama Rusia adalah salah satu sekutu utama Presiden Suriah Bashar Al-Assad dan telah memainkan peran penting dalam kemenangannya baru-baru ini.

Pemerintah Suriah dan Rusia juga menyalahkan Israel karena melakukan serangan hari Senin.

Namun, militer Israel menolak berkomentar. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)