Tekuk Hong Kong, Indonesia Juarai Grup A Sepak Bola Asian Games 2018

Bekasi, MINA – Menekuk Hong Kong di laga terakhir babak penyisihan Grup A Asian Games 2018 pada Senin (20/8), timnas putra sepak bola Indonesia menang dengan skor 3-1 dan berhak sebagai juara grup.

Palestina berada pada posisi kedua Grup A dan juga berhak maju ke babak 16 Besar.

Bertanding di Stadion Patriot Candrabagha Bekasi, Jawa Barat, Timnas Indonesia lebih dulu tertinggal satu gol, ketika kapten Hong Kong Lau Hok Min menyundul bola umpan matang di depan sudut tiang gawang Indonesia di menit ke-38. Skor 1-0 bagi Hong Kong.

Di akhir babak pertama, pertandingan memanas ketika seorang pemain Hong Kong jatuh dan mengaku wajahnya dipukul oleh Hansamu Yama, kapten Indonesia, hingga lebam biru.

Setelah mempelajari rakaman insiden, wasit memberikan kartu kuning kepada Hansamu Yama karena terekam ia memukul wajah Jorge Tarres Paramo dalam adegan perebutan posisi.

Protes berlebihan Stefano Lilipaly kepada wasit pun berbuah kartu kuning berikutnya.

Serangan balik Hong Kong yang cepat dan mengancam di masa injury time babak pertama, memaksa bek Putu Gede melakukan penjegalan berbahaya. Kartu kuning ketiga dalam waktu singkat keluar untuk pemain Indonesia.

Hingga masa jedah, skor tetap bertahan 1-0 bagi Hong Kong.

Namun, di babak kedua, belum sampai semenit bola dimainkan, Irfan Jaya dengan spektakuler melewati semua pemain bertahan Hong Kong dan menaklukkan kiper Ho Chun Yuen. Skor pun berubah menjadi 1-1 bagi Indonesia.

Gol penyeimbang membuat skuad Garuda Muda bangkit dan terus mengepung pertahanan Hong Kong dengan gelombang tekanan. Hingga menjelang akhir babak kedua, umpan terobosan dimamfaatkan dengan baik oleh Lilipaly. Kiper Hong Kong kembali ditaklukkan pada menit ke-85.

Skor 2-1 bagi keunggulan Indonesia.

Setelahnya, para pemain Hong Kong berusaha keluar dari tekanan dan melakukan sejumlah serangan ke pertahanan Indonesia.

Namun, serangan Indonesia di masa injury time justru berbuah gol melalui tendangan Hanif Syahbandi. Skor 3-1 bagi Indonesia.

Skor telak itu membuat Indonesia menjadi kampiun Grup A dan bersama Palestina memastikan lolos ke babak 16 besar. (L/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.