TENTARA ISRAEL BAGIKAN PERMEN “PROVOKATIF”

Permen provokatif yang dibagikan tentara israel. Photo : Shehab

Israel bagi-bagikan permen 'provokatif' ke warga Palestina di Tepi Barat. Foto: MINA
bagi-bagikan permen ‘provokatif’ ke warga Palestina di Tepi Barat. Foto: MINA

Tepi Barat, 1 1435/29 Juni 2014 (MINA) – Israel membagi-bagikan permen ucapan selamat Ramadhan kepada warga Palestina di Tepi Barat yang diselipkan dengan  pernyataan provokatif terhadap gerakan   pada Ahad (29/6) dini hari waktu  setempat

Tentara Israel  mendatangi warga Palestina dengan membawa permen bertuliskan, “Ramadhan Kariim, sedikit permen manis setelah HAMAS membuat hidup menjadi pahit di Tepi Barat,” koresponden MINA di Gaza melaporkan  mengutip harian lokal.

Kampanye provokatif ini dilakukan Israel setelah sebelumnya tiga  warga yang diduga  tentaranya  hilang di Hebron Tepi Barat beberapa waktu lalu.

Laporan mengenai hilangnya tiga orang Israel ini memang simpang siur. Channel 10 Israel mengatakan tiga orang Israel tersebut adalah pelajar muda di sebuah sekolah keagamaan di Hebron, sementara koresponden militer Israel melaporkan kepada Channel 2 Israel bahwa ketiga korban penculikan merupakan anggota militer, satu orang diantaranya adalah anggota pasukan elit dan dua lainnya adalah pelajar di sekolah militer yang dipersiapkan menjadi pasukan elit.

Sejak hilangnya  mereka, Israel  melakukan penangkapan besar-besaran  terhadap ratusan warga yang diduga berafiliasi dengan gerakan pejuang di Gaza, baik Hamas maupun brigade Al-Qassam.

Rumah-rumah warga muslim Tepi Barat juga digeledah untuk mencari keberadaan tiga  tentara tersebut.

Namun juru bicara Hamas dan sayap militernya Brigade Al-Qassam menyatakan tidak bertanggung jawab atas hilangnya warga Israel yang belakangang diketahui sebagai anggota militer tersebut.  Israel juga melancarkan serangkaian serangan  ke Jalur Gaza yang diblokade  dalam  dua minggu terakhir, dimana  dua orang syahid setelah Israel menembakkan rudal ke mobil yang mereka kendarai dengan tuduhan bertanggung jawab atas serangan  roket ke Israel sebelumnya.

Sementara Pejuang Gaza membalas dengan menembakkan dua roket pada Sabtu (28/6) sore menghancurkan sebuah pabrik cat milik Israel dan menimbulkan kebakaran besar di Kota Sadirot, daerah selatan Palestina yang terjajah.(L/K01/B01/P03/R2)

Comments: 0