TENTARA ISRAEL SERBU MAHASISWA UNIVERSITAS AL-QUDS

foto: Maan News Agency

Al-Quds (Yerusalem), 13 Rajab 1435/12 Mei 2014 (MINA) – Bentrokan terjadi di Abu Dis pada Senin (12/5), setelah pasukan menyerbu kota itu untuk memperbaiki lubang  yang dibuat aktivis lokal di  dinding pemisah, kata para pejabat setempat.

Hani Halabiya, juru bicara komite populer lokal Al-Quds Timur mengatakan, Israel menyerbu Abu Dis untuk memperbaiki lubang di tembok pemisah di dekat , kantor berita Palestina  Ma’an melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kehadiran tentara menyebabkan bentrokan dengan mahasiswa dan penduduk setempat, mereka melemparkan batu dan botol kosong kepada para tentara.

Tentara  entitas Zionis itu kemudian memblokade pintu masuk utama Universitas dan menembakkan gas air mata serta granat kejut ke kampus.

Seorang paramedis di lokasi kejadian mengatakan, puluhan mahasiswa, anak sekolah dan penduduk setempat terluka akibat gas air mata yang berlebihan di daerah tersebut.

Dua orang dibawa ke klinik lokal setelah ditembak dengan peluru baja berlapis karet.

Siswa dari SMA Abu Dis dan Sekolah Tinggi Institut dievakuasi ke tempat yang aman oleh kru ambulan setelah tentara Israel menembakkan gas air mata kepada mereka.

Awal tahun ini, Kementerian Pendidikan Tinggi Palestina mengutuk keras serangan Israel di Universitas Al-Quds pada Januari, menyebabkan puluhan mahasiswa menderita  sesak napas dan  kerusakan property milik Universitas.

“Serangan ini adalah bagian dari pelanggaran terhadap lembaga-lembaga Palestina di Al-Quds, termasuk lembaga pendidikan,” kata Kementerian tersebut pada saat itu.

Kampus Abu Dis Universitas Al-Quds merupakan tempat yang sering  digerebek dan sering  dihalangi tentara Israel  sejak 2013, menyebabkan para mahasiswa  terhambat dalam perkuliahan.

Puluhan mahasiswa terluka dalam penggerebekan dan banyak properti Universitas rusak. (T/Fauziah/P03/R2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0