Tentara Lebanon Amankan Pom Bensin Saat Subsidi Bahan Bakar Dihentikan

Antrian mobil mengular di pom bensin Lebanon di tengah krisis bahan bakar. (Jaun News)

Beirut, MINA – Tentara pada Sabtu (14/8) menggerebek pom bensin dan menyitanya untuk mengekang penimbunan, ketika kepala bank sentral tetap pada keputusannya untuk menghentikan .

Lebanon dicengkeram oleh salah satu krisis ekonomi terburuk di dunia sejak tahun 1850-an, menurut Bank Dunia, dan sedang berjuang dengan kekurangan bahan bakar, roti dan obat-obatan.

Pada hari Rabu (11/8), Kepala Bank Sentral Riad Salameh mengatakan, dia akan menghentikan subsidi negara pada impor bahan bakar untuk mengurangi tekanan pada cadangan devisa bank yang semakin berkurang, yang memicu kepanikan di seluruh negeri, The New Arab melaporkan.

Pada Sabtu, Salameh bersikeras dia tidak akan mundur dari keputusannya tanpa pemungutan suara parlemen. Ia mengatakan cadangan devisa telah turun menjadi $ 14 miliar.

“Saya tidak akan meninjau penghapusan subsidi bahan bakar kecuali penggunaan cadangan wajib disahkan” melalui pemungutan suara parlemen, katanya kepada radio lokal.

Pound Lebanon telah kehilangan lebih dari 90% nilainya di pasar gelap, dan 78% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Kekurangan bahan bakar yang melumpuhkan dan pemadaman listrik yang berlangsung lebih dari 22 jam per hari, telah membuat banyak bisnis dan rumah tidak memiliki solar yang dibutuhkan untuk menyalakan generator pribadi, menjerumuskan negara ke dalam kegelapan.

Itu juga menyebabkan antrian raksasa di SPBU yang membatasi pasokan bensin, diduga karena stok rendah.

Importir bahan bakar menyalahkan krisis pada keterlambatan bank sentral dalam membuka jalur kredit untuk mendanai impor.

Salameh membantah tuduhan itu pada hari Sabtu, menuduh importir dan distributor menahan bahan bakar demi menjualnya dengan harga lebih tinggi di pasar gelap, atau di seberang perbatasan di Suriah.

“Para importir yang harus disalahkan,” kata Salameh, menuduh mereka menyia-nyiakan $820 juta yang telah diberikan pemberi pinjaman selama tiga bulan impor. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.