MESIR GENANGI TEROWONGAN DI PERBATASAN DENGAN GAZA

terowongan gaza aljazeeraKairo, 6 Dzulhijjah 1435/20 September 1436 (MINA) – Tentara membanjiri   di , perbatasan Mesir – Jalur , dengan   air laut, Jumat, dalam usaha menutup terowongan tersebut

Terowongan ini dituduh Mesir digunakan militan oposisi Mesir untuk melawan Pemerintah Mesir, dituduh Israel digunakan untuk menyelundupkan senjata buat pejuang-pejuang Palestina di Jalur Gaza, sedangkan rakyat Gaza sendiri banyak menggunakannya untuk memasukan makanan, minuman dan obat-obatan yang sulit didapat karena daerahnya diblokade Israel.

Tentara Mesir sejak Jumat pagi (18/9) menyiapkan sejumlah besar pemompa air laut ke pipa besar di perbatasan yang menghubungkan Gaza dan Mesir.

Abu Mohammad, salah seorang warga Gaza pemilik terowongan, mengatakan kepada Anadolu Agency, tentara Mesir mulai memompa sejumlah besar air dari Laut Mediterania ke dalam terowongan melalui pipa bawah tanah besar yang memiliki ratusan lubang di dalamnya.

“Pipa tersebut dimasukkan ke dalam parit yang membentang di perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza,” ujarnya.

Aljazeera menyebutkan, Mesir menyebut terowongan digunakan untuk menyelundupkan barang-barang ke Gaza, seperti pakaian, produk lainnya, dan senjata.

Tentara Israel mendesak Mesir dan menuduh bahwa terowongan digunakan untuk memasok senjata untuk faksi bersenjata di Jalur Gaza dan digunakan oleh kelompok-kelompok bersenjata berbasis di Semenanjung Sinai, Mesir. (T/P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0