Terbukti Lakukan Pelecehan Seksual, Paus Pecat Pastor Senior AS

Vatikan City, MINA –  Seorang matan uskup agung dan kardinal Katolik Roma telah didipecat setelah dinyatakan terbukti bersalah melakukan pelecehan seksual terhadap beberapa anak di bawah umur.

Theodore McCarrick, uskup agung Washington DC, Ameria Serikat adalah tokoh Katolik paling senior yang diberhentikan dari kependetaan di zaman modern. Demikian BBC melaporkan, Sabtu (16/2).

Pejabat Gereja AS mengatakan tuduhan bahwa dia telah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang remaja lima dasawarsa yang lalu adalah hal yang dapat dipercaya.

McCarrick, 88, sebelumnya mengundurkan diri tetapi mengatakan dia “tidak ingat” dugaan pelecehan itu.

McCarrick adalah uskup agung Washington DC dari tahun 2001 hingga 2006. Sejak pengunduran dirinya tahun lalu dari College of Cardinals, dia telah hidup dalam pengasingan di sebuah biara di Kansas.

Dia adalah orang pertama yang mengundurkan diri sebagai kardinal sejak 1927.

Dia adalah di antara ratusan anggota klerus yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak selama beberapa dekade dan pemecatannya terjadi beberapa hari sebelum Vatikan menyelenggarakan pertemuan puncak tentang upaya mencegah pelecehan anak.

Beberapa pria mengaku pastor itu memaksa mereka untuk tidur dengannya di sebuah rumah pantai di New Jersey, saat mereka belajar keimamatan sebagai seminaris dewasa. Seorang pria lagi mengatakan dia dilecehkan saat masih di bawah umur. (T/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.