Ternak Desa Berdaya Binaan Rumah Zakat Berkembang Pesat

Grobogan, MINA – Peternakan Desa Berdaya Sendangharjo, Kecamatan Karangrayung, Kab. Grobogan, Jawa Tengah, yang merupakan binaan Rumah Zakat mengalami perkembangan pesat.

Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakatnya mayoritas berprofesi sebagai petani, sehingga dari hasil tanam mereka bisa digunakan sebagai pakan ternak sekaligus.

Desa berdaya tersebut pada tahun 2017 mendapat bantuan beberapa bibit ternak kambing.

Fasilitator Rumah Zakat Jumadi kemudian membentuk kelompok yang terdiri dari beberapa warga miskin dan janda dengan nama Ternak Berdaya Sejahtera.

Alhamdulillah, beberapa anggota kelompok telah mengalami perkembangan pesat, ternaknya mulai beranak dan jumlah ternak menjadi semakin banyak,” ujar Jumadi, demikian rumahzakat.org melaporkan.

Untuk memantau perkembangan setiap ternak secara rutin dan juga mengantisipasi terjadinya hal yang tidak di inginkan, Jumadi melakukan pemantauan secara berkelanjutan.

Kegiatan pemantauan sangat penting, baik Fasilitator Rumah Zakat maupun bagi anggota kelompok ternak tersebut, karena bisa mengetahui kendala sejak dini dan sekaligus mencari solusi penyelesaiannya. (R/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.