Terowongan Baru Israel di Bawah Tembok Barat Al-Aqsa

(Istimewa)

Al-Quds, MINA – Sumber-sumber mengungkapkan sebuah terowongan baru Israel ditemukan di bawah tembok barat Masjid Al-Aqsa, pada kedalaman 20 meter di bawah tanah, PIP melaporkannya dikutip MINA, Kamis (8/12).

Peneliti Moaz Ighbariya dari Umm Al-Fahm di wilayah Palestina yang diduduki penjajah Israel sejak 1948 (Palestina 48), mengatakan terowongan yang oleh pendudukan Zionis Israel disebut sebagai “Jembatan Kuil” itu dibuka beberapa bulan lalu.

Terowongan tersebut terletak di bawah terowongan “Hashmonim” yang membentang dari Tembok Al-Buraq (tembok barat masjid) ke Gerbang Ghawanimah. Para pengunjung keluar melalui gerbang terowongan di bawah Sekolah Omariya di Kota Tua al-Quds.

Dia menekankan, terowongan baru tersebut menimbulkan ancaman bagi fondasi tembok barat Masjid Al-Aqsa dan rumah-rumah di Kota Tua yang terletak di sepanjang jalur tembok tersebut, selama pendudukan Zionis Israel melanjutkan pekerjaan penggaliannya di tempat tersebut.

Penggalian yang Berbahaya

Ighbariya menyatakan, pendudukan Zionis Israel mengizinkan orang-orang Yahudi dan turis asing untuk mengunjungi terowongan dari Tembok Al-Buraq, termasuk mereka yang memegang “ID biru” (kartu identitas khusus warga Al-Quds), setelah melewati gerbang inspeksi dan membayar 40 shekel untuk mengunjunginya. Terowongan tersebut sepanjang 1,3 kilometer.

Dia juga menjelaskan, siapa pun yang berjalan di jembatan yang menghubungkan Tembok Al-Buraq dan Bab Al-Ghawanimah, yang disebut “Jembatan Kuil”, melihat di bawahnya, pada kedalaman 20 meter, sebuah kota bawah tanah yang menggambarkan tentang rumah-rumah Romawi, Kanaan, dan Bizantium.

Menurut Ighbariya, pengunjung terowongan di bawah tembok barat Al-Aqsa melihat batu yang sama di luar tembok, tanpa ada pemalsuan dari tengara yang menonjol ini.

Dia menyatakan, saat memasuki terowongan, pengunjung melihat sebuah jembatan besi yang di kedua sisinya dikelilingi oleh panel kaca, serta busur-busur Romawi dan tempat-tempat khusus untuk memberikan penjelasan tentang “kuil yang mereka klaim”.

Dia mengingatkan di dalam terowongan terdapat sinagog pribadi yang berafiliasi dengan Kementerian Agama Israel dengan tujuan untuk melakukan ritual Talmud bagi tokoh-tokoh penting Israel.(T/R1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.