TesCA 2021 untuk Cetak Talenta Digital di Perguruan Tinggi

Jakarta, MINA – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melakukan kolaborasi dengan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. untuk mencetak talenta digital nasional melalui program Telkom Smart Campus Award (TeSCA) Tahun 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Diktiristek Nizam menjelaskan bahwa sangat penting dalam upaya mendorong ekosistem transformasi teknologi di lingkungan . Hal ini akan mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kualitas pelayanan di lingkungan perguruan tinggi.

Nizam saat peluncuran kerja sama Ditjen Diktiristek dengan PT Telkom Indonesia untuk Program TeSCA 2021, Senin (15/11),  berharap bahwa perguruan tinggi mampu menjadi bagian dalam penciptaan teknologi.

“TeSCA 2021 akan menjadi sarana akselerasi dan penguatan pemanfaatan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi di lingkungan perguruan tinggi. Transformasi teknologi bukan hanya wacana tapi harus betul-betul dilakukan. Kemajuan teknologi harus kita manfaatkan untuk kemajuan iptek. Jangan hanya sekedar sebagai pengguna tapi mampu menjadi bagian dalam penciptaan teknologi”, katanya.

Lebih lanjut, Nizam menaparkan bahwa dalam pembangunan ekosistem digital diperlukan pengembangan bidang teknologi pembelajaran yang dapat diakses dan terjangkau. Untuk itu, pentingnya kolaborasi dan sinergi antara industri dan perguruan tinggi.

Dalam memfasilitasi hal tersebut, Ditjen Diktiristek telah menyiapkan platform Kedaireka sebagai penghubung sinergi dan kolaborasi perguruan tinggi dengan industri.

“Setiap komitmen dari industri untuk pengembangan teknologi merah putih kita dampingi dengan sumber daya pendanaan yang sama ke industri. Ini kita perlukan untuk untuk berlari dan maju di bidang teknologi,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Ditjen Diktiristek Paristiyanti Nurwardani juga menyatakan program ini  sangat sesuai dengan visi pemerintah yang memproyeksikan terdapat 15 juta talenta digital pada tahun 2035.

TeSCA 2021 merupakan upaya Ditjen Diktiristek dan Telkom dalam mendukung visi pemerintah tersebut.

“Prinsipnya adalah Direktorat Jenderal Diktiristek berkomitmen penuh dalam mengakselerasi talenta digital dan siap menyukseskan Telkom Smart Campus Award 2021,” ujar Paristiyanti dengan optimis.

Sementara itu, Director Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia Tbk, Edi Witjara mengapresiasi peran dan komitmen Ditjen Diktiristek dalam menciptakan ekosistem teknologi dan smart kampus melalui TeSCA 2021.

“TeSCA sempat redup. Tahun ini kita coba bangkitkan kembali dengan kolaborasi antara Telkom dan Ditjen Diktiristek”, jelas Edi Witjara.

Telkom Smart Campus Award Tahun 2021 merupakan program yang dirancang dalam rangka mendorong percepatan program pemerintah dalam gerakan literasi digital. TeSCA 2021 terdiri dari dua kategori yaitu Program Digital Adoption dan Program Digital Creativity. TeSCA 2021 merupakan program pemeringkatan, awarding dan juga publishing untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu TeSCA 2021 merupakan kompetisi inovasi digital bagi seluruh civitas akademika, baik dosen maupun mahasiswa demi meningkatkan talenta digital nasional.(R/R5/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)