Thailand Bebaskan Pengungsi dan Pencari Suaka Yang Masih Anak-Anak

Bangkok, MINA – Pemerintah telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk melindungi dan pencari suaka yang masih anak-anak.

Dilaporkan oleh The Nation dikutip MINA beberapa lembaga pemerintah menandatangani nota kesepahaman yang akan yang menyediakan kerangka kerja untuk pembebasan anak-anak yang ditahan di pusat-pusat penahanan imigrasi Thailand.

Nota kesepahaman itu ditandatangani oleh Dewan Keamanan Nasional, Kepolisian Kerajaan Thailand dan Kementerian Pembangunan Sosial dan sejumlah menteri terkait lainnya.

Sebelum menandatangani, pemerintah Thailand melakukan konsultasi dengan badan PBB seperti dan LSM terkait isu pengungsi anak.

“MoU ini adalah contoh positif dari pendekatan kemanusiaan Thailand terhadap pengungsi dan pencari suaka, dan didukung oleh pembebasan ibu dan anak baru-baru ini,” kata Giuseppe De Vincentiis, perwakilan UNHCR di Thailand, yang dikutip The Nation.

UNHCR berharap anak-anak di tempat penahanan akan segera dilepaskan atau dipertemukan kembali dengan keluarga mereka. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)