THAILAND LUNCURKAN APLIKASI KHUSUS WISATAWAN MUSLIM

11655826_530558623758047_966189278_oBangkok, 13 Ramadhan 1436/30 Juni 2015 (MINA) – Thailand pada Senin, (29/6) meluncurkan aplikasi smartphone khusus untuk menarik wisatawan Muslim, agar lebih meningkatkan industri yang mulai pulih sejak kudeta 2014 lalu.

Demikian dilansir uk.reuters.com sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) Senin, (29/6).

Penduduk Thailand didominasi pemeluk agama Buddha, namun di bagian selatan terdapat mayoritas Muslim. terkenal dengan sikap bersahabat terhadap wisatawan, pantai pasir putih dan hubungan penerbangan, Thailand menarik jutaan wisatawan pada setiap tahunnya.

Saat ini berharap aplikasi baru ini akan membantu lebih meningkatkan sektor pariwisata Thailand, menaikkan ekonominya sekitar 10 persen.

Industri sempat jatuh tahun lalu karena beberapa negara asing mengeluarkan peringatan terhadap perjalanan ke Thailand akibat kerusuhan politik dan kudeta pada 22 Mei, namun sekarang telah mulai pulih.

Upaya untuk mendatangkan wisatawan Muslim ke Thailand datang di tengah meningkatnya sentimen anti-Muslim di beberapa negara-negara barat dan serangan militan Muslim.

Aplikasi baru ini akan tersedia di Android dan iOS Apple Inc sistem Google Inc, Otoritas Pariwisata Thailand mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dengan fitur pencarian dan navigasi akan membantu pengunjung menemukan hotel dan pusat perbelanjaan dengan ruang tempat shalat dan makanan halal, diperbolehkan di bawah hukum Islam tegas gubernur otoritas Pariwisata Thailand.

Di antara negara Non Organisasi Kerjasama Islam (OKI),  Thailand menduduki peringkat kedua paling populer bagi wisatawan Muslim untuk dikunjungi di dunia setelah Singapura yang dikeluarkan oleh Indeks Global Travel Muslim pada 2015.

“Kami percaya ini karena kami memiliki produk dan layanan wajib yang diperlukan bagi wisatawan Muslim,” kata Juthaporn.

Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Inggris dan Thailand namun akan diperluas untuk mencakup bahasa Arab dan Bahasa Indonesia.

Dewan pariwisata mengatakan, Thailand menargetkan rekor 29,5 juta wisatawan tahun ini, naik 19 persen dari 2014. (T/nrz/K08/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0