TIDAK PUNYA MASJID, SLOVAKIA HANYA AMBIL PENGUNGSI KRISTEN

Seorang pengungsi Suriah di pelabuhan Izmir, Turki barat, 10 Agustus 2015. (Foto: Reuters/Osman Orsal)
Seorang pengungsi di pelabuhan Izmir, Turki barat, 10 Agustus 2015. (Foto: Reuters/Osman Orsal)

Bratislava, 5 Dzulqa’dah 1436/20 Agustus 2015 (MINA) – Pemerintah akan mengambil 200 Suriah Kristen, bukan Muslim dengan alasan kurangnya infrastruktur, termasuk kekurangan masjid.

Kementerian Dalam Negeri negara kecil Eropa Timur itu mengatakan kepada BBC, Rabu (19/8), Slovakia yang kecil “hanya negara transit” dan bukan pilihan yang menarik untuk tinggal jangka panjang, terutama bagi umat Islam, Al Arabiya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Di bawah skema relokasi Uni Eropa untuk berbagi beban ribuan migran Suriah yang menyelamatkan diri dari perang saudara, negara-negara anggota akan mengambil 40.000 migran dari Italia, Turki dan yang menjadi tempat berlabuhnya para pengungsi.

“Kami bisa mengambil 800 Muslim tapi kami tidak memiliki masjid di Slovakia,” kata Ivan Metik, seorang juru bicara kementerian dalam negeri kepada BBC.

Namun juru bicara itu membantah jika langkah itu diskriminatif, keputusan untuk mengakomodasi hanya migran Kristen bertujuan menjaga kohesi masyarakat.

Slovakia bukan satu-satunya negara yang ingin lebih memberikan prioritas kepada para pengungsi Suriah, Yunani juga memberikan pengungsi Suriah prioritas dalam pendaftaran dan embarkasi ke daratan, dibandingkan Afghanistan dan Pakistan.

yang diperkirakan akan kedatangan 800.000 migran tahun ini juga membedakan antara kelompok pengungsi. Pemerintah Berlin berusaha memprioritaskan orang-orang dari negara-negara yang dilanda perang seperti Suriah, Irak atau Afghanistan, dan sekitar 40 persen dari pemohon suaka berasal dari negara-negara Balkan. (T/P001/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0