Tiga Militan Tewas dalam Aksi Kekerasan di Kashmir

Tentara melakukan operasi pembersihan di (Foto: File/The Asian Independent)

Srinagar, MINA – Tiga gerilyawan, tiga warga sipil dan seorang polisi tewas dalam kekerasan baru di Lembah Kashmir pada Sabtu (5/5) ketika pihak berwenang memberlakukan larangan ketat dan menghentikan layanan Internet telepon selular menyusul protes di dekat lokasi tembak-menembak di sebuah lingkungan Srinagar tua.

Polisi mengatakan, tiga militan Lashkar-e-Taiba (LeT) tewas dan empat personel keamanan cedera dalam tembak-menembak di Chattabal, beberapa kilometer jauhnya dari pusat kota Lal Chowk.

Pertempuran itu memicu protes pelemparan batu oleh penduduk setempat, yang mencoba membantu para militan yang bersembunyi dari tempat persembunyian di sebuah bangunan semi-permanen di daerah yang padat penduduk di pusat kota Srinagar.

Seorang pengunjuk rasa tewas setelah ia berada di kendaraan polisi di daerah Noorbagh di dekatnya. Polisi mengatakan, sebuah kasus telah diajukan terhadap pengemudi kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu.

Baku tembak itu meletus di daerah Chattabal di tepi Jhelum setelah pasukan keamanan menerima petunjuk tentang keberadaan militan di sana.

Ketika pencarian oleh tim gabungan CRPF-polisi dimulai, para militan menembaki mereka.

Kapten Jammu dan Kashmir S.P. Vaid mengatakan, baku tembak di Chattabal Srinagar berakhir.

“Tiga mayat teroris ditemukan dalam operasi bersih oleh Polisi J & K dan CRPF,” katanya seperti diberitaka The Asian Independent yand dikuti MINA.

Salah satu gerilyawan yang tewas adalah seorang warga setempat, sementara dua lainnya merupakan orang asing, kata seorang perwira polisi.

Polisi mengatakan para militan sedang merencanakan serangan besar di Srinagar. Mereka mengklaim beberapa senapan AK 47, majalah, granat UBGL, pemotong kawat, peralatan medis dan lembaran matriks ditemukan dari tempat penembakan.

Tiga personel CRPF dan seorang Petugas Polisi Khusus terluka dalam baku tembak itu. Kondisi mereka dinyatakan “stabil”.

Sebelumnya, begitu tembakan terdengar, orang-orang di daerah terdekat keluar dari rumah mereka dan mencoba mengganggu operasi dan melemparkan batu ke pasukan keamanan.

Polisi membubarkan para pengunjuk rasa dengan menembakkan gas air mata. Seorang penduduk setempat yang dindentifikasi sebagai Adil Ahmad Yadoo menglami kondisi lelah dan pingsan, selanjutnya kendaraan yang dikendarai oleh seorang polisi dihancurkan oleh dihancurkan.

Dia dibawa ke Rumah Sakit terdekat dan di tempat tersebut dia dinyatakan meninggal.

Seorang juru bicara polisi mengatakan, sebuah laporan telah diajukan di Kantor Polisi Safa Kadal terhadap sopir.

Protes juga dilakukan di rumah sakit di mana beberapa orang mencoba mengambil alih tubuh Yadoo dalam upaya untuk menyelenggarakan pemakaman massal baginya.

Ketika polisi melawan, orang melemparkan batu ke arah mereka, memicu lebih banyak protes. Tiga jurnalis foto disebutkan telah terluka dalam kekacauan di rumah sakit tersebut.

Kelompok separatis menyerukan pemogokan pada hari Ahad (6/5) untuk memprotes insiden tersebut. Sekolah dan perguruan tinggi menunda pekerjaan kelas ketika ketegangan menyebar di kota. Pasar dan kegiatan bisnis lainnya ditutup.

Pihak berwenang membekukan layanan Internet bergerak di distrik Srinagar dan menurunkan kecepatan sambungan broadband jalur tetap.

Dalam lebih banyak kekerasan, militan menembak mati seorang pria dan keponakannya di distrik Kashmir Bandipora utara. Ghulam Hassan dan Bashir Ahmed diculik dari desa Shahgund daerah Hajin pada Jumat malam.

“Mayat-mayat korban berlumuran darah ditemukan di dekat sebuah masjid di desa Shahgund pada Sabtu (5/5) pagi,” kata polisi.

Seorang Petugas Polisi Khusus (SPO), Showkat Ahmad, dibunuh oleh militan di distrik Kashmir Pulwama selatan, kata para pejabat.

SPO terlibat dalam insiden Jammu dan Kashmir pada operasi bulanan tetap untuk melawan militansi. Mereka tidak menjalani pelatihan reguler dalam menangani senjata.(T/B05/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0