Tiga Rumah Sakit di Jakarta Siap Jadi Rujukan Penanganan Corona

Jakarta, MINA – Dinas Kesehatan bersama Kementeriam Kesehatan (Kemenkes) RI menyiapkan tiga rumah sakit rujukan untuk pasien yang diduga terinfeksi di Jakarta.

Tiga rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Rumah Sakit Persahabatan, dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat () Gatot Soebroto.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, pihaknya masih akan menambah jumlah rumah sakit rujukan untuk pasien terinfeksi virus corona.

“”Kami terus lakukan review. Rencananya, rumah sakit yang disiapkan tersebut bakal berada di dekat bandara ataupun pelabuhan,” ungkap Widyastuti dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (28/1).

Widyastuti menjelaskan, RSUD Koja dan RSUD Cengkareng sedang dipersiapkan sebagai rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien virus corona.

Ia meminta, seluruh tenaga kesehatan baik di rumah sakit maupun puskesmas untuk menyiapkan alat pelindung diri (APD) sesuai standar yang berlaku. Selain itu, tenaga kesehatan diimbau untuk meninjau ulang cara pemakaian APD termasuk cara pengambilan spesimen.

“Pelatihannya bukan saat ini saja karena dulu pernah ramai isu SARS dan MERS jadi pola itu yang kita kerjakan. Kami terus lakukan review,” katanya. (T/R2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.