Tim Biologi Indonesia Sukses Pertahankan Tradisi Emas di Olimpiade Internasional

Jakarta, 21 Syawwal 1437/26 Juli 2016 (MINA) – Setelah sebelumnya Tim Olimpiade Fisika Internasional sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan meraih 1 emas dan 4 perak di Olimpiade Fisika Internasional. Tim Biologi Indonesia 2016 juga kembali sukses mengharumkan Tanah Air dengan pertahankan medali emas di Olimpiade Biologi Internasional ke-27 di Hanoi, Vietnam, Ahad (24/7).

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad memberikan apresiasi atas yang diraih oleh tim Biologi Indonesia yang berhasil menempatkan Indonesia dalam jajaran 10 besar di Olimpiade Biologi Internasional dari total 68 negara peserta.

“Alhamdulillah, kami bersyukur karena keempatnya bisa mencatatkan prestasi. Dan raihan medali yang kami harapkan juga bisa teraih. Mereka mampu membuat prestasi dari total 68 negara peserta. Ini bukan sesuatu yang mudah,” ujar Hamid, demikian laporan laman resmi yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

Peraih medali Wilson Gomarga dari SMAK IPEKA Sunter, Jakarta (medali emas), Robin Chandara dari SMAK 3 BPK Penabur, Jakarta (medali perak), Fatin Camilla Azhary dari SMAN 1 Kendal, Jateng (medali perak), dan Andrea Laurentius dari SMA 1 Sutomo, Medan (medali perunggu). Mereka adalah putra-putri terbaik bangsa yang telah bekerja keras selama 17-24 Juli 2016. Sehingga Tradisi pencapaian medali emas berhasil dipertahankan.

“Sebenarnya saya nggak menyangka kalau saya bisa dapatkan medali emas. Karena soalnya sangat-sangat susah dan saat saya ngerjain, saya sempatblank. Tetapi atas dukungan orangtua dan teman-teman dan saya berdoa, Puji Tuhan saya bisa mengerjakan dengan baik,” tutur peraih medali emas, Wilson Gomarga.

Sementara peraih medali perak Fatin Camilla Azhary menuturkan, dari total enam praktikum, yang paling sulit adalah mikrobiologi dan biokimia. Karena selain kemampuan di bidang biologi, dibutuhkan juga kemampuan di bidang kimia.

Selama berlomba, tim dari Indonesia didampingi oleh empat pendamping. Mereka adalah Dr Agus Dana Permana (ITB), Dr. Ahmad Faizal (ITB), Dr. Ramadhani Eka Putra (ITB), dan Judo Purwanto (Kemdikbud).

Selama enam hari, tim pendamping yang dipimpin oleh Dr. Agus Dana Permana dan tim pendamping dari negara lain mendiskusikan serta menerjemahkan materi tes praktikum dan teori ke bahasa negara masing-masing serta meninjau sehingga meningkatkan kualitas soal sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang biologi modern.

Salah satu tim pendamping, Ahmad Faizal, menyampaikan bahwa praktikum tahun ini lebih sulit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karenanya banyak negara lain yang nilainya kecil. Namun Wilson berhasil mendapatkan nilai yang berada di atas rata-rata. Nilai teorinya pun cukup bagus. Sehingga ia berhasil mendapat medali emas. (T/P006/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.