Timnas U-23 Jepang Lanjutkan Tradisi Bersihkan Ruang Ganti

Jakarta, MINA – Meski menelan kekecewaan karena kalah dari Vietnam akhir pekan lalu, Tim Nasional (Timnas) Sepakbola U-23 melanjutkan tradisi positif membersihkan ruang ganti usai pertandingan.

Kebersihan tampaknya sudah menjadi budaya Jepang dan mereka selalu menjunjung tinggi hal tersebut di mana pun dan kapan pun.

Kali ini tradisi positif Timnas U-23 Jepang didokumentasikan oleh relawan yang bertugas ketika pertandingan dilaksanakan di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Bekasi.

Seorang relawan bernama Gilang Syahputra ini lantas mengabadikan momen tersebut ke Instagram dan akhirnya jadi bahan perbincangan di antara rekan-rekannya, demikian keterangan pers Panitia Penyelenggara 2018 (INASGOC) yang diterima MINA, Selasa (21/8).

“Akhirnya bisa lihat langsung tradisi yang viral ketika turnamen akbar sepak bola di Rusia lalu. Patut untuk ditiru oleh bukan hanya atlet, tapi seluruh masyarakat yang akan datang langsung ke venue untuk menikmati ,” ucap Gilang yang juga seorang wirausaha muda.

Asian Games kali ini menarik karena memiliki misi perubahan karakter yang terdapat di moto “Less Waste More Game”. Bahkan setiap relawan dititipkan amanat untuk turut membersihkan sampah di sekitar. Mereka juga diberikan kantung sampah sebagai realisasi dari moto tersebut.

“Kita melihat contoh yang baik dari Timnas Jepang yang disiplin dalam menjaga lingkungan sekitar. Sekarang, giliran kita untuk dapat mengadaptasi budaya baik tersebut. Asian Games kali ini adalah momen pembukanya,” ucap Direktur Media PR Panitia Pelaksana Asian Games 2018, M. Buldansyah. (L/R01/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)