Tingkatkan Jumlah Wisman, Taiwan Undang Wartawan

Taipei, MINA – Pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Pariwisata mengundang sejumlah wartawan Indonesia demi meningkatkan julah wisatawan mancanegara (wisman) ke negaranya.

Pada Sabtu (8/2) sejumlah wartawan dari berbagai negara sudah berkumpul di kota Taichung untuk mengikuti pembukaan yang berlangsung mulai 8 hingga 23 Februari mendatang.

Presiden Taiwan yang baru saja dilantik, Tsai Ing-wen membuka festival tersebut. Ia mengatakan, acara itu merupakan program tahunan yang diadakan sejak 1990. Setiap tahun, acara tersebut selalu dibarengi dengan inovasi secara berkelanjutan.

Harapannya, festival itu akan menjadi yang terbaik di dunia dengan selalu mengangkat budaya lokal yang inovatif.

Dari Indonesia, ada lima wartawan media nasional dan internasional yang mengikuti acara tersebut. Wartawan MINA, Widi Kusnadi mendapat kesempatan untuk meliput langsung acara tersebut. Rencananya, mereka akan berada di Taiwan selama lima hari dengan mengunjungi beberapa obyek wisata di negara itu.

Pemerintah Taiwan bekerja sama dengan pihak swasta menyelenggarakan Festival Lantern tersebut. Biaya yang dihabiskan mencapai 300 juta dolar Taiwan (Rp100 milyar). Festival Lantern itu mengusung konsep ramah lingkungan dengan melibatkan 6.000 relawan kebersihan.

Untuk mengisi program pada festival tersebut, panitia penyelenggara juga mengundang pada para artis dan musisi, baik dari dalam negeri Taiwan maupun luar negeri. Untuk artis luar negeri, pihaknya mengundang dari Jepang, Inggris, Perancis, dan lainnya.

Meski terdapat ancaman wabah virus corona dari Cina, panitia meyakinkan bahwa pihaknya telah mengantisipasi hal itu dengan baik sehingga pengunjung tidak perlu khawatir dengan penybaran virus tersebut.

Festival Lantern itu ditargetkan dikunjungi 10 juta pengunjung, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. (L/P2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.