TKW INDONESIA DI PERAK KIRIM BANTUAN UNTUK PENGUNGSI MUSLIM ROHINGYA

(Foto: Akun FB FOKMA)
Pengurus Forum Komunikasi Muslimah di Malaysia (FOKMA) Cabang Perak. (Foto: Akun FB FOKMA)

Banda Aceh, 9 Rajab 1436/27 Mei 2015 (MINA) – “Caring is sharing; peduli itu dengan berbagi”, ungkapan inspiratif itu sangat tepat dalam menggambarkan semangat berbagi yang ditampilkan oleh para Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia yang tergabung dalam Forum Komunikasi Muslimah Indonesia di Malaysia (FOKMA) Cabang Perak.

Tak hanya cukup dengan sikap peduli terhadap penderitaan yang dialami oleh etnis yang terdampar hampir dua pekan lalu di perairan Aceh. Mereka melengkapi sikap bajik itu dengan berbagi. Ya, membagikan sebagian dari rezeki mereka kepada para pengungsi Rohingya.

Selasa (26/5) pagi pukul 6.25 WIB, Miftahul Jannah, seorang aktivis FOKMA Cabang Perak mengkonfirmasi hal tersebut ke media sosial Facebook Ruman Aceh. “Fokma-Rp 7.060.238 – Malaysia”, demikian isi pesan tersebut.

Karena penasaran, setelah berterima kasih, Admin FB Ruman Aceh mengeksplorasi lebih jauh tentang mereka.

“Btw, Fokma itu kumpulan TKW Indonesia yang ada di Perak, Malaysia,” tulis Miftahul Jannah yang telah menetap di Perak menemani sang suami, Dr. Syahrir Ridha Ph.D., mengajar di Universitas Teknologi Petronas.

Donasi itu, lanjut Miftahul Jannah, dihimpun dari para anggota FOKMA di lima pabrik yang jaraknya berjauhan selama lima hari oleh mentor yang sedang mengisi pengajian pada pabrik-pabrik tersebut.

“Di sini orang Indonesia-nya sudah sedikit banget. Yang banyak di Kuala Lumpur. Kalau main dengan sahabat di kilang (pabrik), kami sudah cukup lama. Semua aktiviti didasari sunduqunaa juyubunaa (dana kami dari kantong kami)… Luar biasa semangat sedekah mereka,” ungkap alumni Psikologi UNISBA Bandung asal Bontang ini.

Donasi dari Korea Selatan

Masih di hari yang sama, Selasa (26/5), pukul 11.30 WIB, masuk konfirmasi dari seorang pemuda asal Sulawesi yang tujuh tahun terakhir bekerja di Kota Gimpo, Korea Selatan. Dia mengirimkan donasi Rp 2 juta untuk saudaranya etnis Muslim Rohingya.

“Tadi pagi sudah ditransfer sama adik di Sulawesi, Nirwana, dua juta rupiah. Maaf, janjinya kemarin, tapi baru tadi pagi sempat transfer…,” tulisnya melalui pesan FB Ruman Aceh.

Dia mulai berkomunikasi pada Ahad (24/5) pukul 19.03 WIB.

“Kami salut dengan rakyat Aceh, terkhusus buat Ruman Aceh yang begitu peduli dengan Muslim Rohingya.. Sungguh luar biasa…terus semangat. Kaki rasanya ingin melangkah ke Aceh melihat langsung kondisi pengungsi, namun jarak yang begitu jauh…,” tulisnya.

Menurut Ahmad Arif, Direktur Ruman Aceh, semangat peduli dan berbagi para TKI di dua negeri  tersebut sangat mengagumkan dan menginspirasi bahwa peduli dan berbagi itu tidak harus menunggu menjadi kaya.

“Sebab, eksistensi diri sangat berbanding lurus dengan kontribusi kepada sesama makhluk. Kami haturkan banyak terima kasih kepada para pahlawan devisa tersebut. Juga kepada semua donatur atas kepercayaan yang diberikan kepada Ruman”, ungkap Ahmad Arif.(L/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0