TNI Kirim Kapal Rumah Sakit ke Lombok

Surabaya, MINA – Tentara Nasional Indonesia () mengirimkan bantuan ke beberapa wilayah terdampak gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB), termasuk di antaranya mengirim KRI dr. Soeharso (990).

“Dari Surabaya koarmada II, disiapkan kapal rumah sakit dr. Soeharso. Berangkat siang ini menuju angkut logistik dan pesonel bantuan ke Lombok,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Sabrar Fadhilah, Senin (6/8).

Fadhilah mengungkapkan, atas instruksi langsung dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, TNI juga memberangkatkan batalion kesehatan dari Batalion Kesehatan 1/Kostrad dan Batalion Kesehatan 2/Marinir.

“Bantuan lain sedang dalam proses penyiapan baik melalui Bandara TNI AU Halim Perdanakusuma maupun Pangkalan TNI AL Surabaya. Kesempatan pertama pagi ini diberangkatkan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, gempa berkekuatan 7 SR mengguncang Lombok Utara, NTB, dan sekitarnya pada pukul 18.46 WITA, berpusat di 8.25 LS,116.49 BT, sekitar 27 km di arah timur laut dengan kedalaman 15 kilometer.

Selain guncangan gempa utama, gempa susulan juga dirasakan sebanyak 14 kali. Berdasarkan laporan BMKG, telah ada tsunami dengan ketinggian tsunami yang masuk kedaratan berkisar antara 10 cm dan 13 cm. Diperkirakan maksimum ketinggian tsunami 50 cm. (L/R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.