Trump Ancam Tutup Perbatasan dengan Meksiko Pekan Depan

Perbatasan Amerika Serikat - Meksiko. (Foto: Matt Clark/Defender of Wildlife)

Florida, MINA – Presiden Amerika Serikat (AS) mengancam akan menutup perbatasan selatan negaranya pekan depan, jika tidak segera menghentikan imigran tanpa dokumen untuk mencapai perbatasan.

“Kita akan menutupnya untuk waktu yang lama. Saya tidak bercanda,” tegas Trump kepada wartawan di Florida, yang bisa berarti akan menghentikan semua perdagangan dengan Meksiko, demikian Al Jazeera melaporkan.

Sebelumnya pada Jumat (29/3), Trump men-tweet, “Jika Meksiko tidak segera menghentikan SEMUA imigrasi ilegal yang masuk ke Amerika Serikat melalui Perbatasan Selatan kami, saya akan MENUTUP Perbatasan, atau sebagian besar Perbatasan, pekan depan. Ini akan sangat mudah bagi Meksiko untuk melakukannya, tetapi mereka hanya mengambil uang kita dan ‘berbicara’.”

Di hari sebelumnya ketika rapat umum di Grand Rapids, Michigan, Trump juga telah mengeluarkan ancaman.

Jika Trump menindaklanjuti ancamannya, itu kemungkinan akan membuat marah para pemimpin dan pemilik bisnis serta kelompok Meksiko di kedua sisi perbatasan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan di Twitter hari Jumat bahwa Meksiko tidak bertindak atas dasar ancaman.

“Meksiko tidak bertindak atas dasar ancaman. Kami adalah tetangga yang hebat,” tweet Ebrard. (T/RI-1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.