Trump: Saya Tidak Salahkan Turki Beli Sistem Pertahanan Rudal Rusia

Washington, MINA – “Saya tidak menyalahkan Turki karena membeli sistem pertahanan rudal Rusia,” kata Presiden AS Donald Trump dalam sebuah pernyataan Jumat (26/7) malam nenyangkut  pembelian S-400 dari Rusia oleh Ankara.

Akibat berlarut-larutnya kesepakatan membeli sistem pertahanan udara dari AS, maka Ankara menandatangani kontrak dengan Rusia pada 2017 untuk membeli . Komponen-komponen sistem itu sudah mulai tiba di Turki dari Rusia Demikian Daily Sabah melaporkan.

Pejabat AS menyatakan sistem Rusia tidak sesuai dengan sistem NATO di mana Turki juga jadi anggota.

Trump juga sebelumnya mengatakan situasinya “sangat sangat sulit” dan menyalahkan pendahulunya, mantan Presiden Barack Obama, atas perselisihan itu.

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengomentari kemungkinan sanksi oleh AS atau penghapusan  kesertaan Turki dari program yang dibuat AS.

“Ini tidak akan menghalangi kami  memenuhi kebutuhan keamanan kami.” katanya.

Ia menekankan kembali posisi Turki ketika menyangkut masalah keamanan nasional.

Berbicara pada pertemuan dengan Ketua-Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) dari sejumlah provinsi, Erdogan menegaskan Turki akan beralih ke pihak lain untuk memenuhi kebutuhan jet tempur jika AS tidak mau menjual jet F-35 kapada Ankara. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

https://www.dailysabah.com/defense/2019/07/26/i-dont-blame-turkey-for-purchasing-russian-missile-defense-system-trump-says

https://www.dailysabah.com/politics/2019/07/26/erdogan-says-us-sanctions-removal-from-f-35-program-wont-deter-turkey

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.