Turki-Arab Saudi Adalah Kunci Perdamaian di Timur Tengah

Perdana Menteri Binali Yildirim di Riyadh (Foto: AA)

Riyadh, MINA – Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan pada hari Rabu (28/12), dan Turki adalah negara-negara kunci untuk menghadirkan dan stabilitas di wilayah tersebut,

“Kerja sama antara kedua negara di setiap bidang sangat penting, tidak hanya dalam hal Turki dan Arab Saudi, tapi juga untuk perdamaian regional dan global,” kata Yildirim yang berbicara kepada wartawan di Riyadh.

Ucapan Yildirim mengikuti ceramah Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Seperti dilaporkan Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Yildirim dan Salman membahas pentingnya status Al-Quds (Yerusalem) dalam rapat tertutup satu jam, menurut sumber Perdana Menteri.

Keduanya juga sepakat bahwa negara-negara Muslim harus mengambil sikap bersama dalam melindungi hak-hak warga Palestina.

Pada 6 Desember, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan keputusannya meski mendapat tentangan di seluruh dunia untuk mengakui Al-Quds sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaan Washington dari Tel Aviv ke kota suci tersebut.

Pekan lalu, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan resolusi yang menolak langkah Trump.

Selama pembicaraan dengan pejabat Saudi, Yildirim mengatakan, mereka juga membahas pengembangan proyek perdagangan bilateral dan pertahanan bersama.

“Turki dan Arab Saudi memiliki kesamaan dalam hal komitmen dan pandangan mengenai solusi untuk menciptakan perdamaian ada sekitar 90 persen,” tambah dia.

Yildirim menyebut kunjungannya ke Saudi “singkat tapi cukup membuahkan hasil”.

“Selama pembicaraannya dengan Raja Salman dan Mohammed bin Salman Al Saud, kami berfokus pada perkembangan regional, termasuk Palestina, Israel, Irak, Suriah, Yaman, dan Libya,” ujar Yildirim. “Putra mahkota tersebut akan segera mengunjungi Turki.” (T/R03/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.