Turki Bangun Tempat Penampungan 100.000 Rohingya

Pengungsi Muslim di (Anadolu Agency)

Dhaka, MINA – Pemerintah menyiapkan diri untuk membangun tempat bagi 100.000 Muslim Rohingya di Bangladesh, kata pejabat Turki di Dhaka, Ahad (24/9).

Pengumuman dikeluarkan saat pejabat dari Kedutaan Besar Turki di Dhaka dan kantor Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) Dhaka mengadakan pertemuan dengan Menteri Penanggulangan dan Bantuan Bencana Bangladesh, Mofazzal Hossain Chowdhury Maya.

Pejabat Turki mengatakan, Ankara juga menyediakan 10.000 paket bantuan makanan untuk penduduk setempat di daerah-daerah yang dilanda banjir di Bangladesh. Mi’raj News Agency (MINA) melaporkannya dari Anadolu Agency.

Sejak 25 Agustus, lebih dari 429.000 Rohingya telah menyeberang dari negara bagian Myanmar di Rakhine ke Bangladesh, menurut badan migrasi PBB.

Secara total, lebih dari 800.000 pengungsi Rohingya sekarang diyakini berada di Bangladesh, termasuk pendatang sejak 25 Agustus.

Para pengungsi melarikan diri dari operasi pasukan keamanan yang telah membunuh pria, wanita dan anak-anak, menjarah rumah, dan membakar desa Rohingya.

Menurut Menteri Luar Negeri Bangladesh Abul Hasan Mahmood Ali, sekitar 3.000 orang Rohingya tewas dalam tindakan kekerasan itu.

Rohingya digambarkan oleh PBB sebagai orang-orang yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi ketakutan yang meningkat atas serangan tersebut sejak puluhan orang terbunuh dalam kekerasan komunal pada tahun 2012.  (T/RS2/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.