Turki Dukung Upaya Stabilisasi di Sudan

Ankara, MINA – Menteri Pemerintah Federal Sudan Hamid Mumtaz mengatakan, Turki telah memberikan dukungan yang berkelanjutan dalam aspek ekonomi dan diplomasi kepada negaranya agar upaya stabilisasi terus berlanjut dalam proses politik saat ini.

Mengakhiri kunjungan empat harinya di Turki, ia memberi keterangan kepada SUNA yang dikutip MINA, Selasa (19/2).

Ia telah bertemu dengan Wakil Presiden Turki Fuat Oktay untuk menyampaikan surat dari Presiden Sudan Omer Al-Bashir kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tentang hubungan bilateral antara kedua negara.

Mumtaz, yang mewakili Presiden Sudan, mengatakan Erdogan telah menandatangani 22 perjanjian di bidang ekonomi dan diplomatik selama kunjungannya ke Sudan pada 2017.

Sejak pertengahan Desember, Sudan telah diguncang aksi protes massal, di mana para demonstran mengecam kegagalan Presiden Omer al-Bashir dan Partai Kongres Nasional (NCP) dalam mengatasi krisis ekonomi di negara itu.

Para pejabat Sudan mengatakan, sekitar 31 orang terbunuh sejak protes dimulai hampir dua bulan lalu, sementara kelompok oposisi memperkirakan jumlahnya mendekati 50 orang.

Sebagai negara berpenduduk 40 juta, Sudan berjuang untuk pulih setelah kehilangan sekitar tiga perempat dari produksi minyaknya, yang merupakan sumber utama mata uang asing, sejak pemisahan Sudan Selatan pada 2011. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)