Turki Jual 30 Helikopter ATAK ke Pakistan

Ankara, MINA – dan telah menyelesaikan kesepakatan untuk pembelian T129 Advanced Attack dan Tactical Reconnaissance Helicopters (ATAK) di Pakistan pada Jumat, menurut Turkish Defense Industries Undersecretariat (SSB).

“Negosiasi kontrak mengenai helikopter T129 ATAK antara Turki Aerospace Industries (TAI) dan Departemen Pertahanan Pakistan Produksi telah diselesaikan,” kata wakil menteri dalam sebuah pernyataan.

Helikopter itu akan dikirimkan secara bertahap selama lima tahun, kata sumber tersebut. Kesepakatan itu adalah kesepakatan ekspor tunggal terbesar industri pertahanan Turki, direktorat industri pertahanan negara itu mengatakan sebelumnya.

Dengan kontrak penjualan, kerja sama jangka panjang dan hubungan bilateral antara Pakistan dan Turki di bidang pertahanan memperoleh dimensi baru.

Dalam wawancara pada November 2017 dengan Anadolu Agency, Menteri Pertahanan Pakistan Produksi Rana Tanveer Hussain mengatakan negaranya berencana untuk mengadakan 30 helikopter serang dan empat kapal angkatan laut dari Turki.

Helikopter T129 ATAK adalah generasi baru, tandem, dua kursi, helikopter bermesin ganda yang dirancang khusus untuk operasi serangan dan pengintaian.

Dikembangkan dari AgustaWestland A129CBT, pesawat baru ini menggabungkan filosofi sistem baru dengan mesin baru – LHTEC CTS 800-4A – avionik baru, sistem pembidik dan senjata, badan pesawat yang dimodifikasi, drive train yang ditingkatkan, dan rotor ekor baru.

Serangkaian pembicaraan telah diadakan dengan berbagai negara, termasuk Pakistan, untuk ekspor , yang telah membuktikan diri selama operasi dengan kemampuan superior.

Dalam konteks ini, ATAK telah berpartisipasi dalam berbagai acara internasional sebagai bagian dari kampanye memamerkan kemampuannya. (T/R11/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.