Turki Kecam Israel Gunakan Kekuatan Tidak Proporsional Terhadap Pemrotes Palestina

Ribuan warga peringati Hari Tanah Palestina (Foto:Muhammad Assad)

Gaza, MINA – pada Jumat (30/3) menuduh menggunakan “kekuatan yang tidak proporsional” terhadap Palestina yang berdemonstrasi, ketika bentrokan di Gaza dekat perbatasan Israel menyebabkan sedikitnya 15 orang tewas dan lebih 1.400 lainnya terluka.

“Kami mengecam keras penggunaan kekuatan tidak proporsional yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina selama protes damai hari ini (Jumat) di Gaza,” kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

Lebih 30.000 orang mengambil bagian dalam protes di sepanjang perbatasan dengan Israel yang menurut para penguasa Hamas akan berlangsung damai, demikian Ahram Online melaporkan.

Militer Israel mengatakan, para pengunjuk rasa melemparkan batu dan bom molotov ke arah tentara. Tidak ada laporan orang Israel yang terluka atau terbunuh.

Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan “keprihatinan” atas jatuhnya korban. “Yang krusial bahwa Israel harus segera mengakhiri penggunaan kekuatan yang selanjutnya akan meningkatkan ketegangan di kawasan itu,” kata Kementerian.

“Kami mengundang komunitas internasional untuk memenuhi tanggung jawabnya untuk meyakinkan Israel agar menyudahi sikap bermusuhannya.”

Turki dan Israel mencapai kesepakatan pada tahun 2016 untuk mengakhiri krisis diplomatik enam tahun yang meletus ketika pasukan komando Israel membunuh 10 aktivis Turki Freedom Flotilla yang berusaha memasuki wilayah pendudukan. (T/R11/RI-1)

Miraj News Agency (MINA)