TURKI KIRIM 87 TRUK BANTUAN KEMANUSIAAN UNTUK IRAK

Truk yang membawa Batuan Kemanusiaan untuk Irak (Photo: Anadoulu)
Truk yang membawa Batuan Kemanusiaan untuk Irak (Photo: Anadoulu)

Ankara, 29 Ramadhan 1435/27 Juli 2014 (MINA) – Lembaga-lembaga bantuan kemanusiaan telah mengirim konvoi 87 truk yang membawa bantuan untuk korban-korban kekerasan yang melanda Irak selama 45 hari terakhir.

Kantor Diplomasi Publik Perdana Menteri Turki dalam keterangan yang disiarkan  Anadoulu dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu,  paket yang dikirim berupa makanan, peralatan memasak, obat-obatan dan pasokan medis, tenda, tempat tidur, selimut dan kursi roda.

Sejak 12 Juni, Badan Pengelola Bencana Turki (AFAD), Badan Kerjasama Turki (TIKA), Palang Merah Turki dan NGO Turki telah mendistribusikan bantuan kemanusiaan di Sinjar (24 truk), Kirkuk (28 truk), Telafer (1 truk), Erbil (2 truk), Dohuk (29 truk) dan Tel Kaif (tiga truk).

Turki juga mendirikan pusat distribusi bantuan kemanusiaan di perbatasan di provinsi tenggara negara di Sirnak.

Irak mengalami eskalasi kekerasan sektarian antara dan sejak Juni, ketika sebuah koalisi kelompok oposisi bersenjata yang dipimpin oleh Isil, Negara Islam Irak dan Levant, menguasai sebagian besar wilayah provinsi yang didominasi Sunni di negara itu.

Lebih dari satu juta orang di wilayah itu telah meninggalkan rumah mereka, menurut kantor kemanusiaan PBB.(T/P08/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0