Turki Kirim Bantuan untuk Desa-Desa di Suriah

untuk (Foto: Anadolu)

Ankara, MINA – Militer Turki dan Otoritas Manajemen Darurat Negara (AFAD) mengirim bantuan kemanusiaan termasuk makanan, air dan minuman ke desa-desa di Suriah yang dibersihkan dari militan, Senin (5/3).

Paket bantuan berisi air, ayran – minuman yogurt asin yang populer di Turki – dan makanan kering itu diangkut oleh truk pickup tentara Turki.

Direktur Provinsi AFAD di provinsi Kilis, Turki selatan, dekat Suriah, Adil Siraz mengatakan kepada Anadolu Agency yang dikutip MINA, ada sekitar 750 keluarga di desa Bent Direk, Celengi dan Akbez di daerah pedesaan Afrin telah diberi bantuan air mineral dan makanan.

Siraz mengatakan, AFAD memasok bantuan ke daerah-daerah yang terbebas dari teroris sejak Operasi Cabang Zaitun dimulai di wilayah Afrin.

Pada 20 Januari, Turki meluncurkan Operation Olive Branch untuk membersihkan teroris YPG / PKK dan Daesh dari Afrin, Suriah barat laut.

“Sedikitnya 2.777 teroris YPG / PKK dan Daesh telah “dinetralisir” sejak awal Operasi Cabang Olive di Suriah,” kata pihak militer.

Menurut Staf Umum Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut serta untuk melindungi orang-orang Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

“Personel AFAD dari daerah yang berbeda di Turki berada di lapangan bekerja sama dengan institusi Turki lainnya di beberapa titik seperti pertahanan sipil, pencarian, pertolongan, tempat penampungan dan layanan makanan,” kata Siraz.

“Kami membagikan materi bantuan kemanusiaan, terutama paket alat keberishan, makanan, tempat tidur dan selimut kepada warga sipil di kaki Gunung Darmiq yang dibebaskan dari terror pada pekan lalu,” dia menambahkan.

Gunung Darmiq terletak di seberang provinsi Kilis selatan Turki. “Selain kerja sama antara Bulan Sabit Merah Turki, anak-anak dan orang tua diberi sedikit kue dan coklat.” (T/R03/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.